Suzuki Dan Daihatsu Gabung Proyek Mobil Listrik Komersial

Suzuki dan Daihatsu Gabung Proyek Mobil Listrik Komersial

KabarOto.com - Suzuki Motor Corporation dan Daihatsu Motor Co., Ltd. menyepakati proyek kendaraan komersial Commercial Japan Partnership (CJP) untuk mempercepat inisiatif netralitas karbon mereka di kendaraan mini melalui penyebaran teknologi dan layanan CASE.

Dalam proyek tersebut, kedua pabrikan asal Jepang ini akan mengakuisisi 10 % saham yang diterbitkan Commercial Japan Partnership Technologies, perusahaan patungan untuk inisiatif CJP dari Toyota Motor Corporation.

Baca juga: Konsumen Daihatsu Sabar, Pengiriman Mobil Baru Dipastikan Terhambat

Dalam hal penjualan mobil mungil, Suzuki dan Daihatsu berhasil 31 juta dari sekitar 78 juta kendaraan di Jepang. Segmen mobil mungil di Jepang sendiri banyak digunakan sehari-hari, khususnya di wilayah pedesaan. Selain itu, ukurananya yan kompak dapat mendukung pengiriman logistik jarak jauh.

Sebagai informasi, proyek CJP diluncurkan pada bulan April lalu untuk mempercepat implementasi sosial dan penyebaran teknologi dan layanan CASE dengan menggabungkan fondasi bisnis komersial yang dikembangkan oleh Isuzu Motors Limited (Isuzu) dan Hino Motors Limited (Hino) dengan teknologi CASE dari Toyota.

Baca juga: Daihatsu Batasi Aktivitas Bengkel, Hanya 10% Selama PPKM Darurat

Masuknya Suzuki dan Daihatsu dalam proyek CJP bertujuan untuk mempromosikan dalam hal peningkatan efisiensi logistik terintegrasi mulai dari truk besar hingga kendaraan komersial mini.

Selain itu, kolaborasi baru ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan teknologi keselamatan canggih yang terjangkau dan elektrifikasi untuk kendaraan mini melalui pemanfaatan kekuatan Suzuki dan Daihatsu dalam manufaktur berkualitas tinggi dan berbiaya rendah serta teknologi CASE Toyota.