Suzuki Siapkan Sistem Hybrid Terbaru Tahun 2020

Suzuki Siapkan Sistem Hybrid Terbaru Tahun 2020 Sumber Foto : Suzuki Euro

KabarOto.com – Dunia otomotif sekarang sedang berlomba-lomba membuat mobil listrik. Namun, ada beberapa pabrikan yang masih mengenjot segmen hybrid.

Bagaimanapun Hybrid dan PHEV merupakan solusi langkah awal untuk menuju produksi mobil listrik, terutama di daerah yang infrastrukturnya belum mendukung untuk mobil elektrifikasi. Karena itu Suzuki mengambil langkah untuk memperkenalkan sistem hybrid terbaru pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga : Suzuki Baleno 2019 Asal Planet Bekasi Ini Dimodifikasi Jadi Gaul Abis

Suzuki akan menggunakan sistem hybrid 48 volt untuk line-upnya mendatang. Teknologi ini akan diterapkan untuk beberapa model seperti Suzuki Vitara, Swift Sport dan SX-4 S-Cross.

Menariknya nih sob! Ketiga model tersebut bermesin sama yaitu 1.400cc Boosterjet Turbo, yang nantinya akan digantikan oleh mesin Hybrid 48 volt ini.

Pihak Suzuki klaim mesin ini akan lebih ramah lingkungan karena kadar CO2 yang dihasilkan bisa ditekan hingga 20%.

Baca Juga : Profil - Spesifikasi Lengkap Skuter Roda 4 Qooder

Selain itu, Suzuki klaim bahwa mesin Hybrid ini akan menghasilkan torsi yang lebih besar. Sedangkan di waktu yang bersamaan, konsumsi BBM yang dihasilkan lebih irit 15%. Suzuki juga mengakali mesin ini supaya ringan, dan usaha tersebut membuat bobot mesin berkurang hingga 15 kg.

Sistem Hybrid ini akan menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 48 volt dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan converter 48V-12V.

Tampilan Mesin Boosterjet

Sistem Hybrid ini akan dipadukan dengan mesin K14D Boosterjet Turbo yang sudah diperbarui. Mesin Boosterjet yang digabungkan dengan ISG akan memberikan torsi mencapai 235 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm.

Sedangkan saat berjalan di bawah 16 kpj, mobil akan berjalan dalam mode electric sehingga dapat menghemat bahan bakar. Baterai dari sistem Hybrid ini akan diletakkan di bawah kursi depan, sepaket dengan unit converter-nya. Hal ini dengan tujuan untuk memberikan distribusi berat yang lebih baik.

Jadi apakah Sobat KabarOto tertarik dengan sistem Hybrid terbaru ini? Kita tunggu saja tahun 2020 mendatang!