POPULAR STORIES

Tahun 2022, Toyota Bakal Produksi Kendaraan Listrik Di Indonesia

Tahun 2022, Toyota Bakal Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia Line up kendaraan listrik Toyota (KO/Edo)

KabarOto.com - Tren kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), saat ini seakan menjadi tren di dunia otomotif, bahkan bisa dibilang sebagai kebutuhan. Sebab, banyak negara yang telah menaruh perhatian khusus terhadap isu lingkungan.

Seperti diketahui, kendaraan bermotor konvensional merupakan salah satu faktor yang menghasilkan emisi. Kendaraan listrik, disebut sebagai salah satu solusi atas permasalahan tersebut.

Baca Juga: Unik! Ini Alasan Bus Avante H8 Punya Kepala Mirip Ikan Louhan

Indonesia, merupakan salah satu negara yang akan mengembangkan kendaraan listrik. Saat ini, pemerintah tengah melakukan berbagai persiapan, mulai dari regulasi maupun infrastruktur kendaraan listrik.

keseriusan pemerintah tersebut, akhirnya menggoda beberapa pabrikan untuk memproduksi kendaaran listrik di Indonesia.

Setelah Hyundai, PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga mengumumkan akan memproduksi EV di Indonesia.

Mesin hybrid Toyota C-HR

Rencananya, Toyota akan mulai melakukan produksi di Indonesia pada tahun 2022. "Memang seperti itu, karena ini bagian dari strategy product planning," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM.

Mobil elektrik yang akan diproduksi, rencananya merupakan jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV). Lebih lanjut Anton mengatakan, model HEV produksi lokal tersebut akan ditujukan tidak hanya untuk pasar domestik, namun juga untuk pasar ekspor.

Sayang, pria ramah tersebut enggan menjawab saat ditanya lebih lanjut, mengenai model apa yang akan diproduksi di Indonesia. Apakah sebuah Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV) atau bahkan city car.

Produksi kendaraan listrik pada 2022

"Untuk modelnya (yang akan diproduksi) kami belum bisa mengungkap secara detail," tutur Anton saat dihubungi KabarOto melalui pesan singkat.

Baca Juga: Toyota Hilux Tampil Gagah Di GIICOMVEC 2020, Ini Biaya Modifikasinya

Ia menambahkan, Toyota berkeinginan kuat untuk mendukung penggunaan kendaraan elektrifikasi secara massal sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

"Saat ini, Toyota dan perusahaan-perusahaan grup Toyota di Indonesia, memproduksi kendaraan dengan kandungan lokal tinggi di level 75% hingga 95% serta melakukan ekspor produk-produk otomotif," tutup Anton.