POPULAR STORIES

Tahun 2030, Seluruh Armada TransJakarta Gunakan Bus Listrik

Tahun 2030, Seluruh Armada TransJakarta Gunakan Bus Listrik TransJakarta akan gunakan bus listrik (Foto: IG TransJakarta)

KabarOto.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta targetkan tahun 2030 PT Transportasi Jakarta akan mengoperasikan bus listrik untuk seluruh armadanya. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Jakarta telah menetapkan, tahun 2030 ditugaskan kepada PT Transjakarta agar bisa me-refreshment semua kendaraan fosil menjadi listrik secara bertahap," ungkap Syafrin Liputo, di Jakarta, Rabu (8/6).

Baca Juga: Transjakarta Operasikan Bus Listrik Dengan Tarif Regular

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya menjelaskan, hingga saat ini, baru terdapat 30 unit bus listrik beroperasi di Ibu Kota. Target akhir 2022 ada 100 unit bus listrik milik TransJakarta.

Bus listrik TransJakarta (Foto: Transjakarta)

"Rencana kerja kita sampai 2030, ada 10.047 unit, itu dipenuhi secara bertahap," terang Yana kepada media.

Dalam mencapai jumlah tersebut, perusahaan tengah mempersiapkan infrastruktur penunjang bus listrik, salah satunya yaitu charging station. Tempat pengisian baterai ini sudah ada di beberapa titik.

"Kita mempersiapkannya paralel, penyiapan infrastruktur, satu kendaraan listrik, bikin charging station," sebut Yana.

Charging station yang sudah disiapkan saat ini berada di Cawang, serta beberapa tempat lain. "Sambil mengikuti perkembangan jumlah bus listriknya," tambah Yana.

Jika sudah menggunakan tenaga listrik, secara bertahap bus dengan bahan bakar fosil akan terganti, seiring aturan batas usia layanan angkutan umum di Jakarta, mencapai 10 tahun.

Baca Juga: Tarif Parkir Naik, TransJakarta Siapkan Armada

Hal itu, sejalan dengan Peraturan Daerah No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi. "Secara bertahap, setiap kendaraan yang dioperasionalkan oleh Transjakarta begitu habis masa usia ekonomisnya dan 10 tahun, wajib me-refreshment busnya dengan bus listrik baru," tutup Yana.