POPULAR STORIES

Transjakarta Operasikan Bus Listrik Dengan Tarif Regular

Transjakarta Operasikan Bus Listrik Dengan Tarif Regular Bus listrik Transjakarta (Foto: IG Transjakarta)

KabarOto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghadirkan armada bus berbasis listrik untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi dan mengurangi polusi udara.

Kehadiran bus listrik ini sejalan dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berusaha mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 50 persen pada 2030. Saat ini Jakarta baru mencapai 26 persen pengurangannya. Selain itu, Jakarta juga memiliki target untuk mencapai Net-Zero Emission di 2050.

Baca Juga : Mercedes-Benz Siap Bawa Bus Dan Truk Listrik Ke Indonesia

Menurut Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Angelina Betris mengatakan, “Sebagai BUMD yang bergerak di sektor transportasi, tentunya Transjakarta berperan penting dalam menghadirkan armada bus listrik dalam sistem layanan kami. Terima kasih atas dukungan Pemprov DKI beserta jajaran serta Insan Tije sehingga implementasi bus listrik sudah bisa berjalan,”

Saat ini, Transjakarta memiliki lintasan BRT sepanjang 237 km, non BRT dan angkutan mikro dengan jumlah armada yang besar melayani masyarakat setiap harinya. Oleh karena itu, elektrifikasi bus ini diharapkan dapat memberi dampak yang signifikan terhadap manfaat kesehatan masyarakat serta peningkatan kualitas udara.

“Besarnya jumlah armada listrik dapat mendorong roda produksi kendaraan listrik domestik maupun komponen-komponennya, sehingga dapat mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik nasional ke depan,” tambah Betris.

Baca Juga : Menuju Elektromobilitas, Volvo Luncurkan Platform Bus Listrik Terbaru

Rencananya, semua armada Transjakarta akan berganti armada bus baru yang bebas emisi pada tahun 2025. Untuk bus listrik Transjakarta saat ini melayani rute Senen – Bundaran Senayan (1P) yang siap melayani masyarakat mulai pukul 05.00-21.30 wib dengan tarif regular Rp 3.500 sekali jalan.

Sebagai informasi, armada bus listrik Transjakarta memiliki kapasitas baterai sebesar 324 kWh dengan jarak tempuh hingga 250 km atau 17 jam beroperasi. Satu unit armada memiliki proses pengisian daya dengan waktu yang cepat yakni selama 1,5 jam.