POPULAR STORIES

Tahun 2045 Seluruh Angkutan Umum Di Indonesia Menggunakan Kendaraan Listrik

Tahun 2045 Seluruh Angkutan Umum di Indonesia Menggunakan Kendaraan Listrik Bus listrik Zongtong sudah mulai dignakan beberapa perusahaan transportasi di Indonesia (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia terus mengembangkan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air. Tak hanya kendaraan pribadi, angkutan umum jga tengah disiapkan agar polusi udara berkurang. Bahkan tahun 2045 seluruh angkutan umum menggunakan kendaran listrik.

Peta jalan untuk kendaraan komrsial itu sudah disiapkan. Hal itu dikatakan Suharto, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Menurut dia, Pemerintah lewat instansinya mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk angkutan umum.

Baca Juga: Kontribusi Mengurangi Emisi Tidak Hanya Dengan Gunakan Mobil Listrik

Saat ini, menurut dia industri kendaraan listrik mulai pulih, saat Pandemik Covid-19 mulai membaik. Hal itu juga didorong oleh insentif yang diberikan pemerintah. "Kemenhub menurut dia selalu mendukung dan mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Karoseri di Indonesia sudah mulai menggunakan kendaraan listrik (Foto: KabarOto)

"Kami sudah punya road map, tahun 2030 angkutan umum di beberapa kota khususnya yang dilaksanakan dengan skema Buy The Service akan ditetapkan sebagai pilot project, harus berbasis elektrik," jelas Suharto.

Lalu pada tahun 2045 seluruh angkutan umum di Indonesia menggunakan kendaraan listrik. "Kendaraan logistik saat ini masih menjadi tugas dan PR," tambahnya. Yang didorong saat ini bagaimana menjadi satu kesatuan sistem logistik, satu sistem tiket, satu sistem administrasi.

Baca Juga: Mobil Dan Bus Listrik Bisa Dapat Insentif PPN 10 Persen, Ini Syaratnya

Sebagian komponen biaya logistik ada di sektor transportasi, jika ada hambatan dalam transportasi, dapat menyebabkan kenaikan biaya logistik. Dibutuhkan strategi kebijakan multimoda dan alihmoda, untuk memperbaiki tata kelola logistik dan implementasi rantai pasok yang efektif dan efisien serta terintegrasi.