POPULAR STORIES

Tahun Baru, AHM Adakan Kerjasama Baru Dengan SMK Sulawesi Selatan

Tahun Baru, AHM Adakan Kerjasama Baru dengan SMK Sulawesi Selatan AHM dan Kemenperin bekerjsama dengan 15 SMK di Sulawesi Selatan, penandatanganan bertempat di Makassar pada (16/1)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali awal tahun 2019 melalui kegiatannya yang memiliki konsep Link and Match. Kali ini, AHM bekerjasama dengan dunia industri untuk menjalankan program penguatan pendidikan vokasi industri otomotif roda dua di Tanah Air.

Konsep Link and Match antara industri dan SMK menjadi pijakan dasar, dalam upaya pengembangan kualitas pendidikan vokasi industri yang diwujudkan AHM melalui Program Pendidikan Satu Hati. Dan kerjasama antara industri dan SMK bertujuan untuk bersama-sama memajukan pendidikan vokasi industri bagi generasi muda di bidang otomotif roda dua.

Baca Juga: Hemat Bahan Bakar, BRT Trans Semarang Gunakan Bahan Bakar Gas

AHM telah dipercaya pemerintah pada program ini sejak lama, dan destinasi kali ini AHM merambah wilayah timur Indonesia. Dengan bertajuk pengembangan 15 SMK pilot project di Sulawesi Selatan.

Dalam upayanya, AHM dan pihak 15 SMK binaan ini menandatangani kesepakatan kerjasama dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di wilayah Sulawesi Selatan. Penandatangan ini bertempat di Kawasan Industri Makassar pada 16 Januari lalu.

Acara ini diprakarsai oleh Kementerian Perindustrian. Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia hadir pada acara tersebut. Hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyaksikan kesepakatan.

ahm

AHM menyerahkan bantuan sarana yang dapat digunakan untuk praktik berupa 16 unit sepeda motor Honda. Tidak hanya itu, AHM juga memberikan 15 special tools dan materi ajar kepada mereka.

Kemitraan ini merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden No.9 tahun 2016 tentang "Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan" untuk meningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, terutama alumni SMK. Dan sejak 2016, AHM bekerjasama dengan Kemenperin telah menyambangi beberapa kota di Indonesia.

Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, serta provinsi-provinsi yang berada di wilayah Sumatera bagian utara dan Sumatera bagian selatan. Terhitung dengan kerjasama bersama Sulawesi Selatan, AHM telah menyambangi 150 SMK.

ahm

"Kami berupaya terus sejalan dengan upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri. Saat ini kami sudah menjalin kerjasama dengan 686 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia dan 268 Kabupaten/Kota. Tahun ini, kami akan mematangkan konsep Teaching Factory yang menerapkan proses pembelajaran langsung dalam dunia industri, sehingga kelak menjadi lulusan yang berkualitas dan siap bekerja di industri," jelas Muhibbuddin selaku GM Corporate Communication AHM.

Agar program ini terjamin kualitasnya, AHM berupaya memastikan pelaksanaan secara berkala seperti pelatihan, sertifikasim dan uji kompetensi. Hal ini ditujukan pada guru produktif dan peserta didik dengan materi yang selalu diperbaharui sesuai perkembangan.

Proses pemantauan dan peningkatan kualitas ini diselenggarakan di Training Centre Honda dengan asesor yang telah tersertifikasi oleh AHM.