POPULAR STORIES

Tak Ada Pembalap Indonesia, Pertamina Mandalika SAG Akui Siap Di Moto2 Mandalika

Tak Ada Pembalap Indonesia, Pertamina Mandalika SAG Akui Siap di Moto2 Mandalika Berlaga di Portugal, pembalap Moto2 Pertamina Mandalika SAG siap jalani musim 2022

KabarOto.com - Tim Pertamina Mandalika SAG siap mengaspal di Pertamina Grand Prix of Indonesia dalam ajang Moto2. Pertamina Mandalika SAG merupakan tim balap pertama Indonesia di Kejuaraan Dunia Grand Prix. Tim yang dibentuk jelang musim 2021 tersebut bakal menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia di lintasan Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Tim yang diperkuat oleh Bo Bendsneyder (Belanda) dan Gabriel Rodrigo (Argentina), bakal membalap di venue “kandang” mereka yakni Sirkuit Mandalika untuk kali pertama sejak dibentuk, bersamaan dengan kembalinya ajang bergengsi MotoGP ke Tanah Air untuk kali pertama setelah 25 tahun.

Baca juga: Selain Mandalika Untuk MotoGP, Indonesia Bakal Punya Sirkuit F1

Hadirnya tim Pertamina Mandalika bisa menjadi tonggak bangkitnya olahraga otomotif di Indonesia. Lalu kenapa tidak melibatkan pembalap Indonesia, tim ini justru menggunakan pembalap asing.

Pertamina Mandalika SAG (Foto: Istimewa)

Meski begitu, tim ini mengakui Bo Bendsneyder, mempunyai darah Indonesia. Kakek dan nenek pebalap berusia 23 tahun itu berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Keduanya kemudian pindah dari Indonesia ke Belanda pada 1956 silam.

Sementara, Rodrigo telah mengoleksi 117 balapan di kelas Moto3. Pembalap Indonesia, Dimas Ekky Pratama, musim lalu hanya menjadi rider cadangan, dan turun sebagai wildcard pada Moto2 Valencia 2021.

VP Corcom Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Indonesia kembali dengan disertai fasilitas Pertamina Mandalika International Street Circuit. "Untuk dukungan tim, ini adalah tahun yang kedua. Kami akan terus memantau dan akan melakukan evaluasi," terangnya, Kamis kemarin (11/03).

Baca juga: Jadi Jawara Di MotoGP Qatar, Federal Oil Harap Enea Bastianini Podium Di Mandalika

Menurutnya ini ini kolaborasi positif dari Pertamina selaku BUMN yang produknya relevan dengan motorsport. "Semoga tidak hanya national branding tapi juga untuk global exposure," terangnya.

Bo Bendsneyder mengaku, telah persiapkan diri dengan baik, meski belum mencoba sirkuit Mandalika. Karena pramusim Moto2 musim balap tahun ini digelar Portugal.

"Memang benar Saya belum turun langsung di Mandalika, tapi saya sudah mempelajari karakter Sirkuit Mandalika salah satunya lewat Youtube," tutup Bo Bendsneyder .

Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo juga bakal menjadi pebalap yang beruntung karena dijadwalkan bertemu langsung Presiden Joko Widodo bersama dengan pebalap MotoGP.