POPULAR STORIES

Selain Mandalika Untuk MotoGP, Indonesia Bakal Punya Sirkuit F1

Selain Mandalika untuk MotoGP, Indonesia Bakal Punya Sirkuit F1 Bintan, Kepulauan Riau akan dibangun sirkuit untuk Formula 1 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Indonesia punya sirkuit bertaraf Internasional, bernama Mandalika International Circuit yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kemudian sebelum Mandalika dibangun, pecinta otomotif Indonesia menjalani hobi otomotifnya di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Berbagai event balapan nasional dan internasional sudah berlangsung di sirkuit tersebut. Bahkan, Sirkuit Sentul menurut ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan diperbaharui, mulai dari fasilitas dan juga aspalnya. Balapan seperti Formula 2 dan GP 3 menurut Bambang Soesatyo bisa terlaksana di sirkuit grade dua tersebut.

Baca Juga: Ketua IMI Ingin Ada Sirkuit Internasional Di Jawa Timur

"Sentul akan kita renovasi, supaya menjadi grade dua, untuk Formula 2 dan GP 3," terang pia yang lebih dikenal sebagai Bamsoet ini. Tak hanya Mandalika dan Sentul, Bamsoet bahkan menyatakan jika akan dibangun satu lagi sirkuit bertaraf internasional di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit Sentul akan direnovasi (Foto: Istimewa)

"Bulan depan sudah persiapan, untuk Formula 1. Dan itu menjadi mercusuar otomotif Indonesia," tambah Bamsoet. Ia menambahkan, Untuk balapan roda dua papan atas seperti MotoGP di Mandalika dan roda empat Formula 1 di Bintan.

Tak sampai di situ, di Surabaya Jawa Timur, juga akan dibangun sebuah sirkuit untuk mengakomodir pembalap di event drag race dan road race baik motor dan juga mobil. Di mana untuk mencari bibit-bibit pembalap baru, mengakomodir balapan liar yang ada di berbagai daerah.

"Jawa timur akan dibangun sirkuit drag race, road race untuk motor dan mobil seperti di Sentul untuk nasional," tambah ketua MPR ini. Sementara itu, di Yogjayakarta sudah ada sikuit motor cross.

Baca Juga: Selain MotoGP Dan WSBK, Sirkuit Mandalika Akan Gelar Kegiatan Non Balapan

"Kalau untuk event MXGP, kita dua tempat, di Sumbawa dan juga Jawa Barat," jelasnya. Jawa Barat sendiri, Bamsoet belum menjelaskan lebih jelas lokasinya. "Masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Barat, nanti akan diupdate," tambah Bamsoet lagi.