Selain MotoGP Dan WSBK, Sirkuit Mandalika Akan Gelar Kegiatan Non Balapan

Selain MotoGP dan WSBK, Sirkuit Mandalika akan Gelar Kegiatan Non Balapan Foto: Antara

KabarOto.com - Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan digunakan untuk berbagai event balap motor internasional. Sebut saja MotoGP yang akan berlangsung 18-20 Maret 2022. Selanjutnya GT World Challenge 20 Oktober dan World Superbike 11-13 November mendatang.

Lalu bagaimana untuk mengisi kekosongan di antara selang waktu tersebut?

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda, menyatakan, mereka sedang menggodok rencana untuk mengisi kekosongan agenda di kebanggan Indonesia itu.

Baca juga: MotoGP Mandalika Sudah Semakin Dekat, Bagaimana Proses Pengaspalan Sirkuit?

Sirkuit jalan raya sepanjang 4,3 km akan disiapkan MGPA dengan beragam program, salah satunya menjadikan sirkuit ini sebagai tempat wisata.

"Ini juga akan menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Indonesia," sebut Cahyadi Wanda, saat jumpa pers dengan media, Rabu kemarin (02/03).

Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

Pengunjung diminta merasakan bagaimana sirkuit yang dilalui pembalap MotoGP. "Jadi sirkuit ini akan menjadi bukan hanya daya tarik olahraga tapi daya tarik wisata," tambah dia.

Seperti dilansir dari Antara, tur sirkuit menyasar pasar wisatawan. Para pengunjung ditawarkan menyusuri sirkuit dengan santai, melihat lintasan dari dekat, dan merasakan pengalaman pembalap MotoGP atau WSBK melintasi trek tersebut.

MGPA selaku promotir lokal dan ITDC selaku pengelola, akan mempersiapkan paket penyewaan sirkuit untuk kegiatan profesional.

"Penyewaan itu kami membuka secara komersial apabila ada pihak-pihak yang ingin mencoba secara profesional," tuturnya.

Baca juga: Tiket Nonton MotoGP Mandalika Baru Terjual 21 Ribuan, Masih Jauh Dari Target

Mereka tak hanya menyiapkan sirkuit, tapi juga perangkat pendampingnya, seperti marshal, medis yang masukke dalam satu paket. Sementara itu, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, "Kegiatan selain wisata juga bisa untuk kejuaraan atau balapan, nanti juga ada yang untuk fun.”

Bahkan Abdulbar M. Mansoer menambahkan, di beberapa tempat ada yang dapat digunakan untuk kegiatan yang tidak menggunakan kendaraan, seperti fashion on the runway.