Tak Buat Posko Mudik, Honda Berikan Layanan Ini Sebagai Gantinya

Tak Buat Posko Mudik, Honda Berikan Layanan Ini Sebagai Gantinya Ilustrasi bengkel Honda

KabarOto.com - Pada musim mudik lebaran tahun 2019, banyak agen pemegang merek (APM) kendaraan khususnya mobil, yang menyediakan bengkel siaga maupun posko mudik, untuk memberi rasa aman pada konsumennya. Salah satunya dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor.

Perusahaan yang menjadi APM merek Honda di Indonesia tersebut, pada musim mudik lebaran tahun lalu, membuka layanan Honda Emergency Service (HES) untuk menemani para pemilik mobil Honda, yang akan melakukan perjalanan mudik.

Baca Juga: Rolls-Royce Phantom VIII Bushukan, Garapan Mansory Eksklusif Untuk Drake

Namun, tahun ini pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan mudik, guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) makin meluas. Lantas, masih adakah layanan bengkel siaga atau posko mudik Honda tahun ini?

"HPM selalu mendukung program dari anjuran pemerintah. Kali ini, posko mudik juga ditiadakan," ujar Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Meski begitu, lebih lanjut pria yang akrab disapa Billy tersebut mengatakan, Honda tetap membuka layanan HES, melalui diler-diler Honda yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

"Itu (layanan HES) selalu ada, tapi kali ini di tiap diler yang standby. Beda dengan dulu kita ada posko HES (posko mudik), namun karena pemerintah tidak menyarankan mudik, Kami buka layanan di diler," tutur Billy.

Memperkuat layanan di diler

Ia menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi kemungkinan pergerakan orang di dalam kota, saat lebaran (mudik dalam kota). Tentunya, hal tersebut dapat menimbulkan risiko kerusakan mobil, seperti karena kecelakaan, atau sebab lain.

Mengantisipasi hal tersebut, Billy mengatakan bila konsumen membutuhkan layanan perbaikan secara darurat, bisa langsung ke bengkel yang ada di diler Honda.

"Konsumen tidak perlu khawatir dan call center kami juga standby. Kalau mudik di dalam kota, untuk bengkel yang mendapatkan izin beroperasi dalam area PSBB, sifatnya standby untuk melayani konsumen yang membutuhkan," jelas Billy.

Baca Juga: Video Review - Jeep Wrangler Rubicon

Saat ini, HPM juga sedang mengusahakan untuk lebih banyak mendapatkan izin beroperasi, tentunya agar lebih banyak diler yang bisa standby. "Diler yang boleh beroperasi tiap hari bertambah, sekarang ada sekitar 40 diler yang dapat beroperasi," pungkas Billy.

Sebagai informasi, tahun lalu Honda mempersiapkan 117 titik layanan bengkel siaga. Bengkel siaga tersebut terdiri dari 98 diler resmi Honda yang tetap buka pada jam operasional (08.00 – 16.00), 4 dealer yang buka 24 jam selama libur lebaran, serta 15 Posko Siaga Honda yang tersebar di sepanjang jalur mudik.