Tak Hanya Baterai Kendaraan Listrik, Kemenperin Kembangkan Stasiun Pengisiannya

Tak hanya Baterai Kendaraan Listrik, Kemenperin Kembangkan Stasiun Pengisiannya

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana untuk mengembangkan industri kendaraan listrik, salah satunya dengan pengembangan baterai secara lokal.

Mendukung sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung kendaraan listrik, Kemenperin mengaku telah melakukan beberapa penelitian terkait pengembangan baterai dan inftrastruktur pengisian listrik, sesuai yang ditetapkan dalam Prioritas Riset Nasional (PRN).

Baca juga: Konsorsium Dari 4 Manufaktur Motor Jepang Sepakat Buat Baterai Tunggal

Selanjutnya, Baristand Industri Surabaya yang merupakan unit teknis BSKJI Kemenperin dengan kompetensi inti di bidang industri elektronika agar turut mendukung serta berkontribusi dalam program akselerasi program KBL-BB di tanah air.

Dukungan yang diberikan antara lain dengan merancang infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk sepeda motor listrik, yang dinilai berguna untuk populasi kendaraan listrik di Indonesia dalam jangka panjang.

Baca juga: Ada 9 Perusahaan Akan Membuat Baterai Listrik Di Indonesia

Dalam upaya membantu percepatan program KBLBB, Baristand Industri Surabaya telah melakukan rancang bangun infrastruktur berupa SPKLU untuk sepeda motor listrik. SPKLU merupakan infrastruktur yang sangat vital dalam implementasi KBLBB.

“Adanya berbagai inisiatif tersebut, diharapkan dapat mendorong upaya aktif dari dunia industri, akademisi dan asosiasi dalam negeri untuk mendukung Indonesia dalam menyongsong era kendaraan listrik,” pungkas Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi.