POPULAR STORIES

Tak Hanya Jualan Kendaraan Di GIIAS 2022, Hino Juga Fokus Pada Keselamatan Berkendara

Tak Hanya Jualan Kendaraan di GIIAS 2022, Hino Juga Fokus pada Keselamatan Berkendara Booth Hino di GIIAS 2022 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), tak hanya menjual produk-produk unggulannya di GIIAS 2022. Pabrikan mobil komersial asal Jepang ini, juga memberikan edukasi keselamatan berkendara dengan tema 'Hino Peduli Keselamatan’.

Kegiatan ini memberikan berbagai informasi seputar program dan fasilitas Hino, sebagai upaya mendukung Pemerintah mengkampanyekan keselamatan di Jalan.

Hino menjadi satu-satunya merek kendaraan komersial di Indonesia, yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara, atau Hino Total Support Customer Centre (HTSCC) untuk pengemudi pelanggannya.

Baca juga: Hino Boyong 6 Produk Di GIIAS 2022, Satu Kendaraan Listrik

Santiko Wardoyo selaku COO Director HMSI menjelaskan, Hino menjadi market leader, pangsa pasar diatas 50%. “Sebagai pemimpin pasar, kami wajib menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan kesalamatan dijalan,” ujarnya , di ICE BSD Tangerang, Rabu (17/08/2022).

Hino Total Support Customer Center (HTSCC) sendiri ada di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat. Dilengkapi beragam fasilitas basic driving course, mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Hino menjadi salah satu merek kendaraan komersial yang fokus terhadap keselamatan berkendara (Foto: KabarOto)

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi, saat mengikuti pelatihan, mengacu kepada standar BNSP. Pengemudi juga diberikan pelatihan secara teori, seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, serta karakteristik kendaraan dan manusia.

Mereka juga memiliki sebuah program bernama Hino Safety Driving Competition, sudah dimulai sejak tahun 2017. Puluhan kegiatan tersebut dilakukan di berbagai kota, dan melibatkan 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan.

Hino juga membekali kendaraan-kendaraannya dengan fitur–fitur keamanan, untuk keselamatan berkendara. Di antaranya Full Air Brake, rem dioperasikan oleh tekanan udara yang di kompresi.

Baca juga: Hino Masih Studi Soal Infrastruktur Kendaraan Listrik Di Indonesia

Full Air Brake mampu meningkatkan gaya pengereman yang efektif dan lebih responsive, sehingga tak perlu mengganti minyak rem membuat operasional lebih aman dan hemat biaya perawatan.

Rem kendaraan Hino juga dilengkapi Auto Slack Adjuster, pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal rem terlalu dalam, kendaraan segera berhenti.

Untuk beberapa model, Hino turut dilengkapi dengan Antilock Braking System (ABS). Fitur lain adalah side under mirror untuk mengurangi area blindspot, rear camera untuk model kargo, serta dilengkapi dengan sabuk pengaman emergency locking retraktor (ELR) dan Alat pemadam api ringan (Apar).