POPULAR STORIES

Tak Hanya OEM, Pako Group Juga Produksi Pelek Aftermarket Berkualitas

Tak Hanya OEM, Pako Group Juga Produksi Pelek Aftermarket Berkualitas Pelek mobil (KO/Edo)

KabarOto.com - Indonesia, ternyata memiliki pabrik pelek berkualitas, yang produknya telah dipercaya sebagai komponen Original Equipment Manufacturer (OEM) sejumlah pabrikan mobil ternama di Tanah Air.

Pabrik pelek tersebut, merupakan milik dari Pako Group. Di sana, proses pembuatan pelek menggunakan standar kualitas yang cukup tinggi.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

Selain itu, prosesnya juga memenuhi standar mutu produk pelek di beberapa negara. Tak heran, hal itu membuat produk buatan Pako Group juga telah dipakai beberapa prinsipal pabrikan mobil di luar negeri.

"Bahkan OZ Racing, sempat membuat salah satu lineup peleknya di pabrik kami," ujar Davy Kurnia, Senior General Manager Marketing and R&D Styling Design Department Pako Group.

Lebih lanjut Davy mengatakan, karena sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi pelek dengan standar mutu OEM, maka hal tersebut diterapkan dalam mengembangkan pelek aftermarket.

Proses produksi pelek

"Artinya pelek aftermarket Pako Group tak sekadar menjual desain semata," jelas Davy. Menariknya, Pako Group juga memiliki divisi desain dan R&D, termasuk bagian yang membuat cetakan pelek sendiri.

"Kami berusaha memberdayakan desainer pelek lokal, yang karya-karyanya tak kalah dengan desainer luar negeri. Bahkan beberapa prinsipal mobil menggunakan pelek hasil karya desainer kami," tutur Davy.

Saat ini, untuk pelek alloy Pako Group memiliki produk Fortis dan Pako. Sementara jenis pelek steel, memiliki merek Avantech, AVT, dan Inko.

Ragam pelek buatan Pako Group

"Meski kami bisa memproduksi hingga ukuran 20 inci, namun saat ini yang dipasarkan adalah diameter 15-18 inci," kata Davy.

Saat ini terdapat 12 model pelek Fortis, yang fokusnya ke mobil-mobil perkotaan dengan gaya elegan. Sementara itu, terdapat 3 model pelek Pako yang mengarah ke offroad style, dengan beadlock.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Kendaraan Selalu Prima, Cek Bagian Ini!

Sedangkan untuk lini pelek kaleng, terdapat 9 model yang memakai merek Avantech, 1 model untuk merek AVT, dan 4 pilihan model untuk merek Inko.

Rencananya, Pako Group akan membawa sejumlah pelek prototipe di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang akan dihelat pada 10-11 Oktober mendatang.

Acara itu sedianya digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. "Selain itu, beberapa lineup pelek buatan Pako Group juga bakal dijual, untuk para pengunjung IMX nanti," pungkas Davy.