POPULAR STORIES

Tak Tutup Akses Jembatan Suramadu, Pengendara Yang Melintas Didata Petugas

Tak Tutup Akses Jembatan Suramadu, Pengendara yang Melintas Didata Petugas

KabarOto.com - Bagi para pemudik yang hendak masuk ke wilayah Bangkalan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Polres Bangkalan memperketat pemeriksaan kendaraan di pos check point. Kendaraan pribadi yang melintas luar provinsi dan luar kabupaten akan dilakukan pemeriksaan.

"Kami memperketat pemeriksaan kendaraan, terutama yang dari luar kota di pos check point. Sasaran utama check point adalah orang, barang, dan kendaraan pemudik yang berasal dari luar daerah," kata Kasatlantas Polres AKP Andhika Mizaldy Lubis.

Baca Juga: Skenario Pemerintah Tentang Tarif Angkutan Umum Saat New Normal

Sampai saat ini belum ada rencana penutupan akses jembatan Suramadu. Polres hanya mendirikan check point di beberapa lokasi antara lain Morkepek, Alun-alun Bangkalan, Junok, dan Bancaran.

Di pos Morkepek, pengendara yang melintas akan didata. Dimana data tersebut akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan sebagai data awal atau pengecekan di kecamatan.

"Kami memeriksa penggunaan masker dan pembatasan jumlah penumpang yang harus physical distancing. Khususnya, kendaraan roda empat atau mobil pribadi bernopol luar kota, terutama dari zona merah," jelas Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra.

Baca Juga: Dirasa Efektif, Sistem ETLE Di Jawa Timur Bakal Diperluas

Petugas juga mengharapkan adanya pos-pos tersebut bisa mengantisipasi terjadinya macet, kecelakaan lalu lintas, dan tidak kejahatan di masyarakat. Selanjutnya, bisa mencegah penyebaran Covid-19.

"Paling penting lagi sebagai screening kesehatan bagi pemudik untuk mengendalikan, memperlambat, dan memutus rantai penyebaran Covid-19, satu lagi tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan memperhatikan protokol covid-19," pungkasnya.