POPULAR STORIES

Dirasa Efektif, Sistem ETLE Di Jawa Timur Bakal Diperluas

Dirasa Efektif, Sistem ETLE di Jawa Timur Bakal Diperluas

KabarOto.com - Tidak hanya DKI Jakarta, beberapa kota di Indonesia kini sudah memberlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcemen (E-TLE) atau E-Tilang. Kota kedua setelah Jakarta yang menerapkan sistem ini yaitu Surabaya. Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini telah memberlakukan sistem ETLE sejak pertengahan Januari.

Baca Juga: Dari Tertangkap Kamera Hingga Pembayaran, Begini Alur Tilang ETLE

Selama satu bulan penerapan sistem ETLE di Surabaya, pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur mencatat sebanyak 10.478 kendaraan tertangkap kamera CCTV melanggar peraturan lalu lintas. Dari jumlah tersebut 3.736 diantaranya sudah melaksanakan proses tilang dan sudah membayar denda.

Melihat kondisi tersebut Polda Jawa Timur berencana untuk memperluas sistem ETLE di wilayah Jawa Timur lainnya. Saat ini ada tiga daerah yang akan menyusul, yakni Gresik dan Trenggalek.

"Jatim kan ada 34 wilayah, Gresik kemarin launching juga. Trenggalek sudah ada, dan ini serentak," jelas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Baca Juga: Ini Jenis Pelanggaran Pengendara Motor Yang Bakal Ditilang ETLE

Menurut Irjen Pol Luki, penerapan sistem ETLE tidak hanya berguna untuk mendisiplinkan para pengendara dan pengguna jalan. Namun, melalui sistem itu pula pihak kepolisian lebih mudah untuk menanggulangi tindakan kejahatan serta mencegah kecelakaan lalu lintas.

Pasalnya, CCTV yang digunakan untuk kepentingan ETLE dapat menembus kaca mobil dan menangkap aktivitas pengemudi dan penumpang. Sehingga, apabila terjadi indikasi tindakan membahayakan di dalam mobil dapat tertangkap kamera.