Tampil Beda Dengan Head Lamp Model Custom

Tampil Beda dengan Head Lamp Model Custom Lampu custom di BMW

KabarOto.com - Head lamp adalah salah satu aspek penting dalam desain sebuah mobil. Head lamp sering diibaratkan sebagai sepasang mata dari sebuah mobil. Namun, rata-rata desain bagian head lamp dari sebuah mobil agak monoton. Desainnya hanya didominasi oleh reflektor krom besar.

Secara fungsi, reflektor lampu berkelir krom ini bertugas untuk memantulkan cahaya ke jalanan. Tetapi secara tampilan, reflektor lampu berkelir krom ini seringkali dianggap membosankan. Nah, bagi yang ingin head lamp berbeda dengan mobil lain. Dapat mencoba melakukan modifikasi untuk bagian head lamp atau lampu utamanya.

Selain untuk mendongkrak tampilan depan mobil. Modifikasi terhadap head lamp juga dilakukan karena alasan lain. Seperti head lamp bawaan dari mobil dirasa kurang terang, atau kurang pas.

Baca juga: Semakin Aman Dan Efisien, Toyota Corolla Hybrid 2020 Hadir Di Amerika Serikat

Lampu hexagonal untuk mobil BMW

Salah satu bengkel di kawasan BSD, sudah terbiasa memodifikasi head lamp mobil. Avantgarde Auto, bengkel spesialis lampu ini membuat custom head lamp. Model yang tersedia pun cukup unik dan beragam. Tersedia juga untuk berbagai macam mobil. Mulai dari mobil Jepang, Eropa, hingga mobil-mobil China yang belakangan baru ramai masuk ke pasar Indonesia.

Buat mobil apa aja bisa sih, jadi barang-barang kita bersifat kebanyakan juga universal," terang Ananta selaku owner dari Avantgarde Auto.

Terdapat cukup banyak model yang disediakan di bengkel ini. Mulai dari DRL, angel eyes, demon eyes, sequential dan sebagainya. Yang paling ikonik dari Avantgarde adalah lampu model custom hexagonal. Lampu ini terbuat dari LED dibentuk menjadi persegi enam. Lampu model ini biasa terpasang di mobil-mobil BMW.

Tersedia juga untuk Mitsubishi Xpander

Custom head lamp dari Avantgarde ini juga terbilang unik. Modelnya bermacam-macam. Bagi yang penasaran, sebenarnya model lampu yang unik-unik ini terbuat dari bahan dasar LED. LED ini dicustom dan digabungkan dengan berbagai jenis lampu mobil. “Custom lampu sih kebanyakan pake LED yah. Jadi misalkan mau dibikin DRL, mau dibikin angel eyes, mau dibikin lazy eyes, apa hexagonal, itu bahan dasarnya semua LED” terang Ananta.

Namun dengan mengganti model head lamp, pasti ada komponen bawaan yang dirubah. Demi mendapat tampilan yang berbeda dari mobil lain. Meskipun memang tergantung apa saja yang diganti.

Baca juga: Test Drive MINI Cooper S Countryman - Rakitan Lokal Dengan Fitur Melimpah

Bahan lampu custom

Untuk melakukan modifikasi tergantung sih, apa aja yang dipasang. Jadi misalkan kalo untuk HID, LED kebanyakan plug and play. Tapi misalkan kalo untuk custom proyektor, itu ada yang plug and play, ada yang harus ada modifikasi. Tapi kalo misalkan kayak modifikasi, contohnya pasang angel eyes, pasang led bar itu pasti ada modifikasi sih biasanya. Socket dan dudukannya dirubah,” lanjutnya.

Modifikasi lampu, biasanya juga berkaitan dengan kelistrikan dari mobil. Karena penggunaan lampu-lampu di mobil sendiri dayanya berasal dari aki. Ananta menjelaskan, “Tergantung sih apa yang dirubah. Kalo misalkan LED untuk dayanya itu lebih rendah kan daripada bawaan halogen. Malah lebih hemat gitu. Tapi kalo misalkan HID kurang lebih hampir sama lah."

Berbagai macam model lampu custom

Berbicara tentang harga, biaya modifikasi lampu disini memang cukup luas. Mulai dari yang paling murah di bawah Rp 1 jutaan. Untuk pergantian lampu LED maupun HID. Namun untuk harga produk yang paling mewahnya, dapat mencapai banderol belasan juta.

“Misalkan untuk modifikasi lampu sih, bisa ada yang sampe sepasang tuh Rp 13 juta hingga Rp 15 juta itu juga ada. Jadi tergantung modifikasi seperti apa, dan tingkat kesulitannya seperti apa. Harga juga pengaruh, gitu” tutupnya.

Bagaimana, tertarik untuk tampil beda dengan head lamp custom? (Gregorius Nikolaus.P)