Semakin Aman Dan Efisien, Toyota Corolla Hybrid 2020 Hadir Di Amerika Serikat

Semakin Aman dan Efisien, Toyota Corolla Hybrid 2020 Hadir di Amerika Serikat

KabarOto.com – Toyota kembali meluncurkan model baru Corolla di tahun 2020, sebagai generasi ke-12 Toyota Corolla yang hadir dengan 3 pilihan mesin. Salah satu yang menarik adalah pilihan mesin hybrid dan akan menjadi pesaing Prius sebagai kendaraan hybrid lansiran Toyota yang sudah hadir lebih dulu.

Namun, Corolla Hybrid rencananya hanya akan dijual di pasar otomotif Amerika Serikat saja, namun saat ini di Corolla hybrid sudah diperkenalkan dan diniagakan di Indonesia.

Secara visual, tampilan mobil ini mengalami perubahan desain dan terlihat lebih modern, didukung penggunaan lampu LED dengan teknologi Adaptive Front Lightning System dan DRL LED di bagian depan.

Ciri utama dari Corolla hybrid adalah terdapat aksen biru pada logo Toyota di gril, berbeda dengan Corolla standar dimana letak logo Toyota terletak diatas gril.

Baca juga: Diluncurkan dalam 3 Varian, Harga All New Corolla Altis Mulai Rp468 Juta

Dari samping, Corolla memiliki tampilan standar, dipertegas dengan penggunaan pelek berdesain model kipas berbahan alumunium, serta memiliki emblem Hybrid di sisi kiri dan kanan.

Bagian buritan Corolla diperkaya dengan penggunaan lampu berdesain baru dengan bohlam LED, dan logo Toyota dengan aksen berwarna biru khusus untuk varian mesin hybrid.

Interior mobil memiliki kesan mewah, penambahan aksen berwarna perak menambah nuansa modern. Duduk di bangku pengemudi, terdapat layar MID berukuran 7 inci multifungsi dan semakin nyaman dengan bangku berfitur pemanas dan AC auto climate.

Baca juga: Intip Nih Perbedaan Corolla Bermesin Konvensional Dengan Hybrid

Sebagai mobil hybrid, layar MID berfungsi sebagai instrument cluster terintegrasi dengan sistem hybrid mobil. Layar MID menampilkan indikator sistem hybrid, indikator status pengisian daya saat baterai diisi ulang dan panduan ECO driving untuk membantu pengemudi berkendara secara efisien.

Head unit dilengkapi dengan layar berukuran 8 inci, berfungsi sebagai sistem hiburan dan layar monitor sistem hybrid. Terhubung dengan sistem Audio Toyota Enture 3.0 mencakup 6 stereo speaker, atau bisa memilih opsi dengan 9 speaker lansiran JBL untuk mendapatkan keluaran suara yang lebih berkualitas.

Fitur head unit mencakup konektivitas Apple Carplay dan Bluetooth. Semakin lengkap karena terintegrasi dengan layanan online seperti Amazon Alexa, Entune 3.0 App Suite Connect, Safety Connect, Wi-Fi Connect, Scout GPS Link Compatibility, dan Siri Eyes Free.

Fitur Remote Connect dapat diakses melalui aplikasi Remote Connect App dari smartphone atau Apple Smartwatch, fitur ini berguna untuk mengoperasikan mobil dari jarak jauh termasuk menyalakan mesin.

Sebagai mobil hybrid, Toyota membekalinya dengan mesin bensin konvensional dan motor listrik yang terpasang dibalik kap mesin. Mengandalkan mesin 4 silinder segaris DOHC 16-valve Atkinson-cycle berkapasitas 1.800 cc, tenaga mesin ditransfer ke roda depan melalui transmisi CVT.

Konsumsi bahan bakar semakin efisien didukung motor listrik yang ditenagai dengan baterai berkapasitas 1,3 kWh diletakkan di bawah kursi belakang. menghasilkan tenaga gabungan sebesar 121 dk dan torsi maksimal 142 Nm.

Sebagai sedan mewah, perlu diimbangi dengan fitur keselamatan terdepan. Hadir dengan sistem keselamatan terbaru bernama Toyota Safety Sense 2.0 (TSS 2.0) yang menjadi sistem keselamatan baru dari Toyota untuk Corolla model tahun 2020.

Baca juga: Profil - All New Toyota Corolla Altis

Sistem ini mencakup teknologi keselamatan terbaru seperti Pre-Collision System, Full-Speed Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, Automatic High Beams, dan Road Sign Assist.

Sementara ada beberapa sistem keselamatan yang menjadi perlengkapan standarnya, yakni teknologi Star Safety System sebagai teknologi untuk meningkatkan traksi, pengereman dan sistem keselamatan lain untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Ditambah 8 airbags yang terpasang di seluruh kabin.

Toyota belum memberikan informasi harga resmi untuk Toyota Corolla Hybrid ini. Namun, jika dibandingkan dengan Prius yang dibanderol mulai US$ 24.700 atau setara Rp 352 jutaan, Camry Hybrid memiliki harga yang lebih terjangkau.

Dilansir dari Topspeed.com, harganya diperkirakan akan berada dikisaran mulai dari US$ 22.000 atau sekitar Rp 313 jutaan sampai US$ 25.000 atau sekitar Rp 356 jutaan. (Nora Dian Pratama)

Data Spesifikasi:

  • Mesin: 4 silinder segaris DOHC 16 valve Atkinson-cycle dipadukan motor listrik
  • Kapasitas: 1.800 cc
  • Tenaga dan Torsi: Gabungan 121 dk dan torsi 142 Nm
  • Transmisi: CVT
  • Suspensi: MacPherson Strut (Depan), Multilink (Belakang)
  • Rem: Cakram berukuran 274 mm (depan), 259 mm (belakang)
  • Ban: Yokohama Avid GT, 195/65R-15 91S M+S
  • Dimensi (PxLxT): 4.635 mm x 1.780 mm x 1.435 mm
  • Wheelbase: 2.700 mm