Tampil Perdana Di CEV Moto2, Pembalap AHRT Tembus 10 Besar

Tampil Perdana di CEV Moto2, Pembalap AHRT Tembus 10 Besar (Foto: AHM)

KabarOto.com - CEV International Championship yang digelar di Barcelona, Spanyol. Andi Farid Izdihar atau lebih dikenal dengan Andi Gilang sebagai salah satu pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), memutuskan bergabung pada putaran keempat.

Pada dua balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya itu, Andi Gilang finish terbaik di posisi kelima pada penampilan perdananya, sedangkan Gerry Salim tembus 10 besar.

Baca Juga: Andi Gilang Pastikan Bergabung Dengan AHRT Di CEV Barcelona

Sebelumnya, pada race pertama CEV Moto2 European Championship, Andi mengakhiri balapan di posisi ke-12, sedangkan Gerry finish ke-18. Balapan pertama ini dikurangi durasinya menjadi 11 lap setelah proses pembersihan, yang diakibatkan adanya pelumas yang tumpah di lintasan.

Andi memulai balapan dari posisi start ketujuh, sayangnya ia merosot menjadi urutan ke-12. Meskipun sempat mengalami masalah, Andi bisa mempertahankan posisinya hingga finish. Sedangkan Gerry yang memulai balapan dari posisi ke-15, hanya mampu mencapai urutan 18 di garis finish.

Untuk evaluasi, para pembalap dan tim melakukan beberapa perubahan sebelum masuk balapan kedua. Ternyata Andi dan Gerry merasa lebih nyaman dengan motor bermesin Honda 600 cc Moto2 sasis Kalex yang ditungganginya. Hal itu terlihat dari performa mereka yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada balapan kedua, Andi hanya kehilangan satu posisi saat start. Sedangkan Gerry berhasil naik satu posisi. Namun setelah itu, keduanya berhasil memperbaiki posisi dan melewati pebalap lain. Hingga akhirnya bisa menyelesaikan balapan dengan finis di posisi ke-5 dan ke-10.

Balapan kali ini menjadi hasil yang luar biasa untuk Andi, pasalnya ini merupakan penampilan perdananya di kelas CEV Moto2. Andi juga bercerita bahwa di balapan pertama dirinya mendapatkan beberapa masalah saat start, bahkan tidak mendapat cengkeraman bagus saat balapan akan berakhir.

Baca Juga: Wahana Honda Berangkatkan1.400 Pemudik Dengan 24 Bus

"Pada balapan kedua, saya merasa lebih baik sejak awal dan mampu menjaga kecepatan, sehingga saya bisa bertahan di grup depan. Mereka akhirnya bisa lepas karena ada beberapa pebalap di sekitar saya yang bersaing ketat. Saya tetap tenang dan konsisten hingga akhirnya finis di posisi kelima. Saya sangat senang dengan hasil ini," kata Andi Gilang.

Sementara itu, bagi Gerry, finish di posisi ke-10 menyamai rekor terbaiknya di kelas ini yang didapat di Estoril. Gerry pun patut berbangga dengan performanya kali ini, walaupun diawal ia merasa tidak nyaman dengan motor yang ditungganginya sehingga tidak maksimal.

"Kami bisa melihat data dan melakukan beberapa perubahan setting pada balapan kedua. Saya melakukan start dengan baik dan bisa menambah kecepatan hingga akhirnya finis 10 besar," ucap Gerry.

Baca Juga: Terjatuh, Pembalap Binaan AHM Gagal Meraih Poin Di Sirkuit Le Mans