POPULAR STORIES

Tanda-tanda Yang Harus Diperhatikan Saat Konvoi Motor

Tanda-tanda yang Harus Diperhatikan Saat Konvoi Motor Touring komunitas Honda di Jawa Barat

KabarOto.com - Selama Pandemik Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar, banyak daerah yang menutup tempat-tempat wisatanya. Masyarakat pun tak dapat pergi sesuka hati. Nah, bagi Anda yang sering touring, kegiatan ini tentu juga dihentikan. Jika Anda ingin kembali touring bersama rekan komunitas motor, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar perjalanan touring menyenangkan dan selamat sampai di tujuan.

Baca Juga: Syuting Film Touring Jambi-Mekah Pakai NMax Tertunda

Hal penting yang harus diperhatikan jika touring bersama komunitas yang lebih dari satu orang adalah mengetahui simbol atau sandi-sandi dalam touring grup.

“Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara lebih dari 1 motor atau grup," terang Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Sandi dan simbol itu ditujukan agar perjalanan aman dan nyaman, yang terpenting tidak mengganggu pengguna jalan lain. Ludhy memastikan fungsi keduanya supaya anggota atau rekan kita saat konvoi bersama bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar.

“Sandi dan simbol biasanya diberikan oleh Road Captain yang berada di posisi paling depan," tambahnya. Tugas Road Captain memberikan informasi kepada anggota lain, seperti menghidupkan mesin, ada jalan berlubang, memberikan isyarat berbelok dan berhenti perlahan.

Menandakan ada lubang

Ludhy pun memberikan sandi dan simbol saat touring lebih dari satu motor yang perlu diperhatikan:

1. Menghidupkan Mesin. Road Captain biasanya memberikan dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk. Isyarat ini agar peserta touring menghidupkan mesin.

2. Jalan Berlubang. Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri, tandanya ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

Berbelok

3. Berbelok. Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

4. Berhenti Perlahan. Jika akan berhenti, Road Captain akan memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

Baca Juga: Rayakan Kemerdekaan Indonesia, JMC Gelar Touring

Namun, selain harus memahami sandi dan tanda selama perjalanan, pengendara motor yang terpenting harus menggunakan helm ber SNI, jaket, sarung tangan, dan masker.