Tanpa Modifikasi, Produk Mitsubishi Fuso Siap Dengan B30

Tanpa Modifikasi, Produk Mitsubishi Fuso Siap dengan B30

KabarOto.com - Pemerintah mulai menjalankan program Biodiesl 30 persen (B30) pada awal tahun 2020, bahkan rencananya akan ditingkatkan menjadi 40 persen. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso sudah siap dengan semua kebijakan yang akan diterapkan Pemerintah.

KTB pun sejak pencanangan B20 sudah melakukan uji coba pada setiap produk-produk unggulannya baik di kelas Medium Duty Truck (MDT) dan Light Duty Truck (LDT).

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Yakin, Tahun Ini Jual 46.900 Unit Truk

“Rencana pemerintah untuk B30 sejak Januari kemarin kita sudah test bukan hanya LTD dan MDT sama, Colt Diesel juga kita lakukan uji coba," terang Duljatmono, Marketing Director Sales & Marketing Division KTB di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Hasilnya, menurut pria yang biasa disapa Momon ini meyakini spesifikasi mesin siap dan tidak masalah serta tetap responsif dan meski gunakan bahan bakar B30.

Tanpa menambah modifikasi, hanya menambah filter saja untuk menyaring kotoran yang lebih kasar. “Kalau B20 kita pakai double filter, nah untuk B30 hanya menambah jadi tripel filter,” terang dia.

Namun jika pemerintah nantinya akan meningkatkan untuk B40, KTB mengaku akan menyiapkan lagi dengan pengujian. “Kan rencananya baru Maret nanti, kita akan ikuti dan pelajari lagi, karena kalau lebih tinggi memerlukan studi yang lebih lanjut untuk spek yang sekarang,” tambah Momon.

Saat ini, KTB masih belum tahu B40, apakah ada dampaknya terhadap produk mereka. “Yang jelas kita akan support terus Pemerintah, dan studi terus,” tambah dia.

Baca Juga: Kena Banjir, KTB Kembali Sehatkan Mitsubishi Fuso

Nah buat konsumen yang sudah terlanjur menggunakan kendaraan belum dipersipkan untuk B30, Momon minta untuk dibawa ke bengkel resmi KTB. “Pelanggan bisa datang dan kita siapkan,” terangnya.