POPULAR STORIES

Tarif Dan Sensasi Melewati Jalan Tol Bali Mandara Dengan Sepeda Motor

Tarif dan Sensasi Melewati Jalan Tol Bali Mandara dengan Sepeda Motor Mencoba Jalan Tol Bali Mandara dengan Yamaha XMax Connected (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Jalan Tol Bali Mandara yang ada di atas laut memiliki panjang 12,7 km dan merupakan satu-satunya jalan tol yang bisa dilewati sepeda motor.

Memiliki dua jalur yang dipisahkan untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat atau lebih, jalan Tol Bali Mandara didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitektur, dan ornamen budaya khas Bali.

Dikutip dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), fasilitas jalan Tol ini terkoneksi dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dari menghubungkan Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. Sepeda motor masuk dalam Golongan VI. Adapun tarif masuk jalan tol untuk sepeda motor adalah Rp 5.000.

Baca Juga: Menguji Performa New Yamaha XMax Connected Di Pulau Dewata

Kecepatan maksimal dibatasi 60 kpj

Jalan Tol Bali Mandara juga merupakan Jalan Tol atas laut yang pertama di Indonesia. Bahkan, merupakan salah satu Jalan Tol atas air terpanjang di dunia dengan menyuguhkan pemandangan indah ketika berkendara.

"Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara khususnya pengendara sepeda motor juga telah dipasang alat pengukur kecepatan angin berupa anemometer berbasis Internet of Things (IoT) di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa)," tulis BPJT.

Dalam keadaan tertentu, jalan tol tersebut bisa saja ditutup. Apalagi jika anginnya kencang. Ketika kecepatan angin mencapai 40 km/jam atau lebih, Jalan Tol ditutup sementara guna menghindari risiko kecelakaan. Jika, kecepatan angin melebihi 80 km/jam, jalur mobil juga ikut ditutup.

Baca Juga: Ratusan Yamaha XMax Connected Sudah Dipesan Di Bali

Pengalaman berkendara di jalan Tol Bali Mandara

Beberapa waktu lalu, Kabaroto mendapatkan kesempatan untuk melewati jalan Tol Bali Mandara dengan menggunakan Yamaha XMax Connected.

Rasanya melewati jalan Tol ini, cukup nyaman karena kualitas aspal yang baik dan rata. Namun, terpaan angin dari sisi samping cukup kencang. Pengemudi perlu terus fokus dan menjaga keseimbangan jika sewaktu-waktu ada angin kencang.

Pengemudi juga perlu menjaga kecepatan, menjaga jarak dengan pengendara di depan. Kecepatan maksimal untuk motor di jalan Tol Bali Mandara 60 kpj.