POPULAR STORIES

Tata Cara Konvoi Naik Sepeda Motor Agar Aman

Tata Cara Konvoi Naik Sepeda Motor Agar Aman Konvoi menggunakan sepeda motor harus memperhatikan beberapa hal (Foto: WMS)

KabarOto.com - Berkendara motor dengan rute jauh memang menyenangkan apalagi dilakukan secara konvoi. Namun kegiatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada tata cara konvoi yang harus diperhatikan, agar aman.

"Sisi emosional orang terkadang berubah bila sedang berkelompok terutama saat konvoi sepeda motor rute jauh," terang Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani. Tanpa kesadaran dan kontrol yang baik, peserta konvoi tidak jarang larut dengan kondisi peserta konvoi yang lain.

Baca Juga: Simak Nih! Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Pakai Motor

Teori psikologi terkait emosi massa atau kelompok, ternyata juga bisa berlaku pada seseorang yang menjadi peserta konvoi sepeda motor.

Konvoi yang diisi banyak peserta sesama hobi hingga rasa kekerabatan yang kental, menjadi dasar prilaku peserta akan mengikuti kondisi emosi kelompok konvoi.

Berikut beberapa tips dan saran agar kesenangan anda berkonvoi dengan sepeda motor tetap seru dan pastinya aman bagi pribadi dan pengguna jalan lainnya.

1. Bagaimanapun kondisi lalu lintas tetap jaga emosi, ingatlah bahwa jalan raya adalah milik seluruh pengguna jalan.

2.Saling ingatkan peserta konvoi jika ada yang mulai emosi atas kejadian yang ditemui saat berkonvoi.

3. Tetap hargai hak sesama pengguna jalan lainnya.

4. Patuhi semua norma, aturan dan undang undang jalan raya atau lalu lintas.

5. Konvoi bukan selalu jalan berbarengan, sesuaikan ritme berkendara dan kondisi lalu lintas yang ada.

6. Hilangkan sikap arogansi, tetap menjadi pengendara bersifat defensif yang selalu waspada dengan semua kondisi jalan, sikap pengendara lain, dan beragam faktor lainnya.

7. Sadar diri, karena konvoi biasanya dilakukan komunitas maka tunjukkanlah sikap berkendara yang dapat munculkan simpati pengguna jalan yang lain.

Baca Juga: Berkendara Malam Hari? Simak Tips Berikut

"Saya, anda dan kita berhak mendapatkan dan memberikan jalan raya yang aman untuk semua. Mari bersikap saling hormati dan peduli keselatan berkendara. Salam cari aman," tutup Agus