POPULAR STORIES

Simak Nih! Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Pakai Motor

Simak Nih! Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Pakai Motor Ilustrasi (PT DAM)

KabarOto.com - Penyebab kecelakaan di jalan raya sangat beragam. Salah satu yang paling sering ditemukan adalah karena pengendara kelelahan dan juga mengantuk akibat melakukan perjalanan jauh tanpa istirahat.

Alasan yang sering diutarakan pengendara yang melakukan perjalanan tanpa istirahat adalah karena dirasa mampu dan ingin sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Apparel Berbahan Kulit Asli

Instruktur Saferty Riding PT. Daya Adicipta Motor (DAM), Asep Wawan mengungkapkan jika setiap pengendara harus selalu bijak mengatur waktu perjalanan dan berhenti sejenak untuk beristirahat. Hal tersebut sangat penting ketika berkendara, terutama jika perjalanan yang ditempuh merupakan jarak jauh.

Untuk menghindari potensi kelelahan yang menyebabkan kecelakaan, sebelum berkendara perjalanan jauh makan dan minum yang memiliki nutrisi seimbang. Sebelum berkendara, pengemudi juga ada baiknya harus tidur yang cukup terlebih dahulu.

Foto: DAM

"Seperti jika melakukan perjalanan di pagi hari maka tidur lebih awal di malam hari adalah langkah yang lebih baik, jika melakukan perjalanan di malam hari, tidur yang cukup di sing hari terlebih dahulu sangat dianjurkan" ungkap Asep.

Kedua, atur waktu tempuh perjalanan dengan bijak. Seperti jika waktu tempuh total rata-rata 4 jam maka setiap 1 jam atau 2 jam sekali harus berhenti untuk istirahat.

Baca Juga: Bikers! Begini Cara Membedakan Apparel Kulit Asli Dan Sintetis

Terakhir, Istirahat dengan waktu yang cukup. Setelah berkendara motor selama 2 jam diperlukan istirahat minimal 20 menit.

"Selama istirahat 20 menit, longgarkan riding-gear yang dipakai terutama lepas helm, makan dan minum secukupnya (jangan berlebih), bisa juga rabahan sejenak dan jangan lupa sebelum melanjutkan perjalanan lakukan peregangan tubuh untuk menghindari gejala pegal saat perjalanan berikutnya," jelas Asep.