POPULAR STORIES

Tekan Angka Kecelakaan, Honda Perkenalkan Fitur Keselamatan Masa Depan

Tekan Angka Kecelakaan, Honda Perkenalkan Fitur Keselamatan Masa Depan Foto : Honda

KabarOto.com – Honda tengah mengembangkan rangkaian teknologi keselamatan yang bertujuan untuk mengurangi separuh angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2030.

Langkah awal yang dibuat adalah melibatkan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang memantau jalan dan pengemudi. Untuk memahami penyebab mendasar dari kesalahan mengemudi, Honda telah menggunakan teknologi MRI untuk mempelajari otak pengemudi dan menganalisis perilaku pengambilan risiko.

“Kami berusaha untuk sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang yang berbagi jalan, Honda akan menawarkan keselamatan dan ketenangan pikiran setiap pengguna jalan sebagai nilai baru,” kata Keiji Ohtsu, Presiden dan Direktur Perwakilan Honda R&D.

Baca Juga : Masih Sebatas Konsep, Honda SUV RS Concept Belum Diproduksi Dalam Waktu Dekat

Melalui itu, Honda telah mengembangkan “Intelligent Driver-Assistive Technology” yang menggunakan sensor dan kamera sistem bantuan pengemudi (ADAS) canggih untuk memantau jalan dan pengemudi. Kemudian mencoba untuk mendeteksi risiko mengemudi dan menentukan perilaku mengemudi yang optimal secara real-time. Teknologi menawarkan bantuan yang sesuai dengan kondisi kognitif setiap pengemudi dan situasi lalu lintas.

Pabrikan mobil asal Jepang pun berencana untuk mengembangkan teknologi ADAS generasi berikutnya agar perhatian pengemudi tidak melayang dan mencegah keterlambatan dalam pengoperasian.

Baca Juga : Harga Resmi All New Honda BR-V, Termurah Rp275 Jutaan

Selain itu juga menggunakan kontrol sabuk pengaman dan audio 3D untuk mengkomunikasikan risiko di jalan kepada pengemudi, dan menggunakan stimulus getaran di kursi dan bio-feedback untuk mengatasi kelelahan dan kantuk pengemudi.

Untuk lebih memahami kondisi jalan, Honda juga akan berinvestasi pada teknologi V2X yang menghubungkan kendaraan dengan pengguna jalan lain melalui jaringan komunikasi. Dengan menggunakan informasi dari kamera pinggir jalan, kamera onboard kendaraan lain, dan smartphone, data dapat dikumpulkan untuk menawarkan informasi kepada pengemudi tentang lingkungan lalu lintas mereka.