POPULAR STORIES

Tercatat 14.359 Pelanggar PSBB Jawa Timur Dalam 8 Hari Penerapan

Tercatat 14.359 Pelanggar PSBB Jawa Timur dalam 8 Hari Penerapan (Foto: Jasamarga)

KabarOto.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diterapkan di beberapa wilayah Jawa Timur yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Dilaksanakan mulai 28 April lalu, sudah lebih dari sepekan kebijakan diterapkan.

Berdasarkan data dari Polda Jawa Timur, selama 8 hari diselenggarakan sudah 14.359 pengendara yang ditegur petugas. Lebih dari 14 ribu pelanggar tersebut adalah pengendara sepeda motor, kendaraan pribadi, dan angkutan umum serta barang.

Baca Juga: PSBB Diterapkan, Terminal Purabaya Dan Osowilangun Tutup

Pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan masker, padahal alat perlindungan tersebut wajib digunakan baik saat berkendara maupun tidak. Ternyata, para pengemudi kendaraan pribadi merasa sudah aman karena mereka berada di dalam mobil.

"Mungkin karena mereka merasa berada di dalam kendaraan dan safety, mereka tidak menggunakan masker," ujar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim.

Baca Juga: Terdapat 7 Check Point Di Ruas Tol Surabaya - Gempol

Sedangkan untuk pengendara roda dua banyak yang lalai tidak menggunakan sarung tangan. Rincian pelanggarnya yaitu, 5.542 pelanggar sepeda motor, 2.195 kendaraan pribadi, dan 1.228 oleh kendaraan umum atau barang.

"Untuk sepeda motor kebanyakan tidak memakai sarung tangan, karena sarung tangan juga diatur dalam PSBB. Kalau kendaraan pribadi dan umum, itu pada umumnya," tambah Wisnu Andiko.

Sedangkan Selasa (5/5) saja tercatat 379 pelanggar yang didominasi oleh pengendara sepeda motor sebanyak 228 pelanggaran. Penindakan berupa teguran langsung dilakukan oleh petugas di lokasi check point PSBB seperti di kota lainnya.