POPULAR STORIES

Terdampak Pandemik Covid-19, Produsen Kaca Film Ini Punya Stategi Untuk Bertahan

Terdampak Pandemik Covid-19, Produsen Kaca Film Ini Punya Stategi untuk Bertahan

KabarOto.com - Penjualan mobil selama pandemik Covid-19 turun drastis, lebih dari setengah dari tahun 2019 lalu. Hal itu juga berdampak pada produk after market, salah satunya kaca film. V-Kool, salah satu produsen kaca film mengaku terdampak, namun mereka memiliki strategi untuk menjual produk-produknya.

Strategi yang dimaksud adalah memperkuat basis penjualan di marketplace. Ini sudah dilakukan sejak tahun 2018. Presiden Direktur PT V-Kool Indo Lestari, Darma Eddie Salim, mengatakan, tahun ini memang dirasakan mereka cukup berat. Namun strategi untuk menjangkau konsumen lebih luas pun dijalankan, untuk bertahan.

Baca Juga: Lindungi Cat Mobil Dengan Paint Protection Film Dari V-Kool

"Sangat berat tahun ini, namun dalam hal layanan, tetap jadi fokus utama kami," terang dia, kepada media secara virtual, Selasa (22/12).

Menjelang tahun 2021, V-Kool menurut dia sudah mempersiapkan strategi, salah satunya meluncurkan produk baru.

"Kami juga membuat layanan sudah baik menjadi lebih baik lagi," tambah Eddie.

Strategi V-Kool di masa Pandemik jual kaca film melalui online

Penjualan melalui marketplace dirasakan memang cukup terdongkrak, tapi yang paling utama menurut Eddie adalah menjadi OEM untuk mobil-mobil baru.

V-Kool juga menurutnya mengembangkan sistem one stop shopping, untuk perawatan kendaraan seperti detailing sampai perlindungan anti gores pada bodi kendaraan.

"Hal lain yang menjadi fokus kami adalah melakukan ekspansi produk terutama yang lebih terjangkau dari sisi harg," paparnyaa. Karena, banyak konsumen ingin mendapat perlindungan kaca film dengan lebih prestige dan layanan yang jauh lebih baik.

Sementara itu, Linda Widjaja, Vice President Director PT V-KOOL Indo Lestari menuturkan, penjualan retail V-Kool sampai Oktober 2020 mengalami penurunan sebesar 12%.

"Pandemik Covid-19 kami siasati dengan penjualan online dan layanan home service,” terangnya.

Baca Juga: Jumlah Konsumen Meningkat, V-Kool Buka Diler Di Surabaya

Linda mengaku sudah membangun official store sejak tiga tahun lalu.

"Jadi saat konsumen datang secara off-line berkurang, kami sudah siap dengan penjualan online dan layanan home service,” terangnya.