Terdengar Bunyi Dan Hentakan Keras Saat Lepas Kopling? Periksa Bagian Ini

Terdengar Bunyi dan Hentakan Keras Saat Lepas Kopling? Periksa Bagian Ini

KabarOto.com - Memiliki mobil dengan penggerak roda belakang memiliki perhatian tambahan pada bagian gardan. Misal, CV Joint atau as kopel yang menghubungkan gardan dengan roda belakang. Pasalnya, jika saat melepas kopling ada hentakan cukup keras dan bunyi berdecit, bisa jadi as kopel Sobat Kabaroto bermasalah.

Menurut Heru dari bengkel DJRT di kawasan Ciledug, Tangerang, bunyi itu bisa berasal as kopel bagian luar (outer shaft). Ada beberapa penyebab yang menurutnya biasa ditemukan.

”Usia pakai adalah satu dari sekian banyak faktor, karena mobil jika dipakai terus maka pasti timbul friksi atau gesekan," ujarnya.

Simpelnya, menurut pemukim kawasan Rajeg, Tangerang tersebut as kopel yang terus bergerak mengikuti putaran, pastinya ada yang kerusakan jika telah apkir dan melebihi usia pakai.

Baca Juga: Pilih Transmisi Manual Atau Matik Untuk Balap? Ini Kata Rifat Sungkar

Ayah dua orang anak tersebut mengatakan bahwa CV joint bisa rusak akibat karet pelindung getas karena panas. "Panas membuat karet menjadi lebih kaku, ditambah dengan posisi komponen ini terus bergerak ketika jalan, sekaligus harus menerima genangan air jika hujan," imbuhnya.

Ia melanjutkan, kalau sudah mulai rusak atau sobek, pelumas sudah pasti keluar. "Nah, komponen di dalamnya kena debu dan kotoran, yang bikin pelumasan tidak sempurna lagi. Selain sobek atau getas, bisa juga longgar,” jelasnya.