POPULAR STORIES

Terdengar Kletek Kletek Di Kaki-kaki, Coba Periksa Bagian Ini

Terdengar Kletek Kletek di Kaki-kaki, Coba Periksa Bagian Ini Kaki-kaki dapat menimbulkan bunyi-bunyi yang mengganggu saat mobil sedang jalan atau saat kemudi dalam posisi belokan (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Banyak komponen sistem penggerak roda depan yang sudah memasuki usia pakai secara maksimal yakni lebih dari tiga tahun, sebaiknya perlu pengecekan agar dapat dipastikan komponen tersebut masih layak pakai atau wajib ganti.

Mungkin Anda pernah mendengar roda kendaraan Anda berbunyi saat mobil berjalan atau berbelok. Pada sistem penggerak roda depan, komponen yang dapat menimbulkan bunyi ini bisa jadi di CV joint as roda, bearing roda, atau karet boot as roda.

"Anda perlu mengecek karet boot as roda yang berfungsi sebagai penampung pelumas (grease) joint as roda, secara rutin. Jika terjadi kebocoran pada karet atau karetnya sobek, ini akan membuat pelumasnya keluar dan lama-kelamaan pelumas akan habis," jelas Herry Liu pemilik bengkel kaki-kaki Bandar Per, Cikokol, Tangerang.

Ketika kondisi seperti ini dibiarkan atau tidak diketahui oleh pemiliknya, maka bagian joint as roda tersebut akan mengalami kerusakan, di mana dapat menimbulkan bunyi-bunyi yang mengganggu saat mobil jalan atau saat kemudi dalam posisi belokan.

Baca Juga: Kaki Mobil Anda Bunyi Jedak-jeduk? Periksa Bagian-bagian Ini