Terinspirasi McLaren 720S, Kamera Smartphone OnePlus Bisa Sembunyi Seperti Sunroof

Terinspirasi McLaren 720S, Kamera Smartphone OnePlus Bisa Sembunyi seperti Sunroof OnePlus Concept One x McLaren

KabarOto.com - OnePlus meresmikan smartphone terbarunya yang terinspirasi dari McLaren 720S. OnePlus menggunakan kaca elektrokromik seperti yang digunakan McLaren pada sunroof opsionalnya. Di supercar asal Inggris, kaca tersebut bisa digunakan untuk memblokir cahaya atau membiarkan cahaya masuk ke kabin.

Baca Juga: Lebih Enteng 24 Kg, McLaren 720S Track Pack

OnePlus menggunakan kaca elektrokromik untuk bagian kamera. Bukan menjadi lapisan atau semacamnya, kaca elektrokromik membuat kamera di smartphone Concept One dapat muncul dan menghilang. Jadi, kamera tersebut akan terlihat saat digunakan saja. Keren ya!

"(Kami) mendapat inspirasi untuk membuat ponsel (Concept One) setelah melihat kaca elektrokromik pada 720S saat tur ke kantor pusat McLaren," ujar Xi Zeng selaku Creative Director OnePlus.

Posisi saat kamera 'sembunyi'

Lensa kamera ditutupi oleh layar yang menampilkan partikel organik, sehingga dapat berubah menjadi transparan bergantung tegangan yang diberikan. Perubahan tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol yang disediakan di Concept One. Saat kamera tidak digunakan maka lensa akan kembali 'sembunyi'.

Mungkiin Sobat KabarOto bertanya-tanya saat perpindahan transisi dari gelap menjadi transparan membutuhkan waktu lama? Ternyata tidak, para insiyur sudah membuat kepraktisan dalam penggunaan kamera Concept One. Kamera akan berubah dari gelap ke transparan dalam waktu 0,7 detik.

Baca Juga: Kolaborasi Aston Martin Dan Airbus Hadirkan Helikopter ACH130

Agar terlihat serasi saat digunakan di smartphone, kaca elektrokromik dibuat sangat tipis hanya 0,15 mm. Jika digabungkan dengan pelindung layarnya, keseluruhan kaca tebalnya hanya 0,35 mm. Dikembangkan bersama Mclaren, Concept One menggunakan kulit semi-anilin Papaya Orange seperti yang digunakan McLaren.

Tidak hanya memberi kesan mewah, penggunaan smartphone dengan kamera tersembunyi seperti Concept One ternyata juga berfungsi sebagai filter polarisasi bawaan.

Baca Juga: Bandit9 EVE 2020, Kolaborasi Desainer Hong Kong