Terlalu Kencang Saat Mundur, Mercedes-Benz Recall G65 AMG

Terlalu Kencang Saat Mundur, Mercedes-Benz Recall G65 AMG Mercedes G65 AMG (caranddriver)

KabarOto.com - Memiliki bobot mencapai 2,8 ton, namun Mercedes-Benz G65 AMG termasuk salah satu SUV tercepat di dunia.

Bayangkan saja, versi tertinggi dari SUV legendaris pabrikan asal Jerman tersebut, menggunakan mesin V12 twin-turbo 6.0 liter, sehingga membuatnya dapat berlari dengan sangat cepat.

Dengan mesin tersebut, G65 AMG memiliki tenaga hingga 621 dk dan torsi sebesar 991 Nm. Tenaga tersebut disalurkan keempat roda melalui transmisi otomatis 7 percepatan.

Mobil dengan kemampuan off-road tersebut, dapat berlari dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 5,1 detik. Rasanya hampir menyamai kemampuan akselerasi sebuah sportcar, dengan bobot yang tentunya jauh lebih ringan.

Sayangnya, keunggulan ini seakan menjadi bumerang bagi mobil yang diproduksi di Austria terebut. Karena bukan hanya kencang saat melaju, namun G65 juga dirasa terlalu kencang saat berjalan mundur, sehingga dikhawatirkan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Baca Juga: Honda HR-V Baru Bakal Rilis Di GIIAS 2018, Ini Dia Bocorannya!

Mercedes-Benz G65 AMG

Seperti dilansir Carscoops, badan keselamatan berkendara Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan bahwa, hi performance G-Class ini memiliki risiko terguling ketika melakukan gerakan mundur, dengan kecepatan lebih dari 16 MPH atau 25,75 kpj.

"Kendaraan ini mungkin dilengkapi dengan perangkat pembatasan kecepatan mundur yang kurang tepat, akibatnya mobil ini rentan akan ketidakstabilan pada kondisi mudur," tulis NHTSA dalam keterangan resminya.

Baca juga: Lamborghini Aventador SVJ Kalahkan Rekor Porsche 911 GT2 RS

Untuk membenahi masalah ini, pihak NHTSA meminta Mercedes-AMG untuk melakukan perbaikan pada bagian perangkat lunaknya. Bagian perangkat lunak yang akan dibenahi oleh pihak Mercedes-AMG sendiri, adalah bagian engine control software, yang fungsinya mengatur batas dari kecepatan kendaraan saat mundur.

Sejatinya, Mercedes-Benz G65 AMG adalah sebuah mobil yang langka, di Amerika Serikat sendiri mobil tersebut hanya ada sebanyak 20 unit.

SUV yang menjadi saingan Bentley Bentayga dan Roll-Royce Cullinan yang sama-sama mengunakan mesin V12 ini, dibanderol dengan harga $ 200.000 atau sekitar Rp 2.8 miliar.