POPULAR STORIES

Ternyata Bahan Anti Api Di Baju Balap Mobil Punya Kedaluwarsa

Ternyata Bahan Anti Api di Baju Balap Mobil Punya Kedaluwarsa Kimkomstore menyediakan berbagai perlengkapan balap (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pakaian balap mobil ternyata punya bahan anti api untuk melindungi pembalap jika terjadi kebakaran saat kecelakaan. Sehingga, tubuh pembalap bisa terlindung dari luka bakar setidaknya untuk beberapa waktu.

Namun perlu diketahui, bahwa bahan anti api di baju balap itu punya kedaluwarsa lho. Bahan Nomex bisa menahan api dengan suhu 400 derajat Celcius sampai 800 derajat Celcius. Lalu FIA juga melakukan standar ketat agar suhu yang dirasakan tubuh pembalap saat baju terbakar tidak boleh lebih dari 41 derajat Celcius, dalam 11 detik.

Baca Juga : Nih, Rahasia Baju Balap Formula 1!

"Biasanya kalau baju balap, baik sepatu atau helm itu ada bahan anti api. Namun bahan itu punya masa pakai, paling lama sekitar 10 tahun, kalau sudah lewat mungkin fungsi anti apinya sudah kedaluwarsa," ujar Tegar selaku Staff Kimkomstore.

Tanda hologram tanda sertifikasi FIA.

Oleh karena itu jika Sobat ingin membeli racing suit berupa baju balap, helm, sarung tangan, sepatu dan lainnya perhatikan pembuatannya. Usahakan produknya cukup baru agar anti apinya masih bekerja.

Baca Juga : Selimut Ban F1 Tetap Digunakan Hingga 2025

Tanda kalau sudah tersertifikasi FIA biasanya ditandai dengan hologram. Lalu terdapat tanda lain yang menunjukkan tahun pembuatan barang tersebut, sehingga pembeli tahu sampai kapan anti apinya dapat bekerja.

Tanda bahwa sepatu ini dibuat pada 2019, dan fungsi anti apinya bertahan hingga sekitar 2029.

"Kita juga biasanya kalau perlengkapan balap anti api tidak masuk banyak, karena kalau terlalu lama di toko gitu takutnya umur anti apinya sebentar saat dijual ke pembeli," jelas Tegar.