Nih, Rahasia Baju Balap Formula 1!

Nih, Rahasia Baju Balap Formula 1!

KabarOto.com – Pembalap tim Haas, Romain Grosjean mengalami kecelakaan hebat pada balapan F1 seri Gran Prix Bahrain. Akibat kecelakaan tersebut, mobil pembalap asal Swiss tersebut terbelah dua hingga terbakar hebat.

Beruntung bagi Grosjean, dirinya mampu selamat dari kecelakaan maut tersebut dengan hanya mengalami cedera ringan.

Selain antisipasi yang tepat petugas yang bekerja di lintasan sirkuit, faktor baju balap yang digunakan oleh pembalap juga sangat membantu untuk terhindar dari kobaran api yang menghanguskan mobil balap F1.

Baca Juga : DCVI Gelar Acara Penghargaan Bagi Diler Berprestasi, Berikut Daftar Pemenangnya

Baju balap yang digunakan oleh pembalap F1 menggunakan bahan bernama Nomex. Nomex adalah material yang tahan api dan merupakan serat ringan yang sudah mengalami pengujian termal di laboratorium.

Pada umumnya baju balap berbahan Nomex mampu menahan api dengan suhu 400 derajat Celcius hingga 800 derajat Celcius.

Baju balap yang juga digunakan oleh kru pit, memiliki manset elastis pada pergelangan kaki dan tangan yang terbuat dari dua hingga empat lapisan Nomex. Sebagai informasi. Baju balap harus melewati 15 kali pencucian dan 15 kali dry cleaning sebelum melakukan pengujian.

Baca Juga : Lakukan Ini Agar Ban Tak Selip Saat Lewati Genangan Air

Saat pengujian, diuji termal mulai dari 600 derajat Celcius hingga 800 derajat Celcius. Bagian dalamnya tidak boleh lebih dari 41 derajat Celius, setidaknya dalam 11 detik.

Bukan hanya itu, bagian lain seperti ritsleting pada baju balap ini harus bisa menahan suhu yang sama dan tidak boleh meleleh atau mengantarkan panas yang mendekati kulit penggunanya.

Semua benang yang digunakan untuk menjahit logo sponsor pun harus tahan api. Meskipun begitu, baju balap diharuskan memiliki berat yang ringan dan memiliki pori-pori sehingga masih ada sirkulasi.

Bukan hanya baju balap, kelengkapan lain seperti lapisan pakaian dalam, balaclava, sarung tangan juga harus tahan api. Begitu pula dengan sepatu balap harus menggunakan bahan tahan api yang lembut dan empuk.