Ternyata Diecast Bisa Menjadi Barang Investasi Lho!

Ternyata Diecast Bisa Menjadi Barang Investasi Lho! Diecast Nissan Skyline (KO/Edo)

KabarOto.com - Bagi sebagian orang, mengoleksi diecast memang menjadi sebuah hobi yang mengasyikkan. Rata-rata setiap penggemar diescast, memiliki belasan bahkan ada yang mencapai ratusan koleksi.

Selain untuk koleksi, diecast ternyata juga bisa menjadi sebuah investasi loh. Feldani Effendy, selaku Public Relations dari Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019, mengatakan bahwa ada beberapa diecast tertentu yang harganya semakin naik.

Baca Juga: Siap-siap... Pameran Indonesia Diecast Expo 2019 Bakal Hadir Akhir Bulan Ini

"Kalau selama ini orang lebih cenderung melihat emas sebagai investasi, karena harganya yang terus naik, diecast juga begitu. Seperti salah satu koleksi saya, dulu beli sekitar Rp 1.5 jutaan, sekarang harganya sudah mencapai 2 digit," ujar Feldani kepada KabarOto.

Bisa menjadi barang invenstasi

Lebih lanjut ia menjelaskan, memang tak semua diecast bisa menjadi barang investasi. "Elemennya banyak. Namun biasanya dilihat dari kelangkaan unitnya, lalu apakah dia limited edition atau berapa banyak dia dibuat," tutur pria ramah tersebut.

Selanjutnya, diecast yang bisa dijadikan barang investasi juga dilihat dari statusnya yang tidak dijual secara umum. Diecast seperti ini biasanya hanya dibuat untuk sebagai simbol acara tertentu.

"Pada pelaksanaan IDE tahun-tahun sebelumnya, diecast edisi khusus yang kerap disebut event car selalu terjual habis, bahkan untuk edisi dengan nomor urut spesial dapat terjual dengan nilai yang fantastis," tambahnya.

Kelangkaan menjadi salah satu faktor kenaikan harga

Selain itu, desain dan latar belakang dari diecast juga mempengaruhi. Semakin ekslusif, makan nilainya akan semakin bertambah.

Terakhir Feldani menyarankan, agar dalam 'bermain' diecast, diusahakan memiliki banyak teman agar semakin banyak informasi yang di dapat.

Baca Juga: Bernuansa Pink, Pameran Diecast IDE 2019 Sasar Kaum Wanita

"Kuncinya banyakin teman dan learning by doing. Misalkan merek Datsun, jenis Datsun apa sih yang bagus dan bakal mahal kedepannya. Kalau kita gak banyak teman, takutnya malah ketipu," ucap Feldani.

Kalau sobat KabarOto sudah punya koleksi diecast yang memiliki nilai tinggi, menjualnya pun mudah. "Kalau suatu saat kita butuh uang, kita tinggal posting di media sosial, bisa open bid (Lelang), atau best offer. Jadi main diescast itu eknominya dapat, happynya juga dapat," pungkas Feldani. Wah, asyik juga ya!