Ternyata Segini Biaya Perawatan Toyota C-HR Hybrid

Ternyata Segini Biaya Perawatan Toyota C-HR Hybrid Toyota C-HR Hybrid (KO/Edo)

KabarOto.com - Pada April 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai distributor resmi Toyota di Indonesia meluncurkan Toyota C-HR. Di awal kemunculannya, dengan desain bodi unik yang terinspirasi dari bentuk sebuah berlian, C-HR berhasil menarik perhatian publik.

Kehadiran versi hybridnya melengkapi varian C-HR bermesin konvensional yang sudah ada lebih dulu. Secara tampilan keduanya memang mirip, tetapi teknologi yang disandangnya jelas beda, khususnya bagian dapur pacu.

Baca Juga: Profil Toyota C-HR Hybrid

Lantas timbul pertanyaan, apakah perawatannya berbeda? menjawab hal ini, Suparna, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan bahwa perbedaan perawatan antara C-HR konvensional dan model hybrid tak terlalu signifikan.

"Antara hybrid dan konvensional kalau dilihat paling mendasar hanya soal beterai saja. Namun untuk urusan cost atau biaya perawatan berkala, relatif tak berbeda signifikan," jelas Suparna.

Tak ada perbedaan mencolok dalam segi perawatan

Lebih lanjut ia menuturkan, dalam satu tahun kepemilikan, ongkos perawatan berkala Toyota C-HR Hybrid pada servis rutin pertama masih gratis, begitu juga dengan model konvensional karena memang sudah termasuk dalam paket kepemilikan.

Bila melihat dari situs resmi Auto200, saat masuk ke perawatan berkala kedua atau dalam kurun waktu pemakaian 6 bulan, untuk jasa komponen pemilik C-HR Hybrid hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 679.000, begitu juga untuk ongkos perawatan berkala ketiga atau masa pakai satu tahun.

"Untuk yang ketiga, jasa masih gratis, biaya penggantian komponen seperti pelumas dan filter oli dan sebagainya sama dengan kedua Rp 679.000. Kalau ditotal setahun kepemilikan C-HR Hybrid itu hanya mengeluarkan dana Rp 1.358.000," ucap Suparna.

Logo hybrid di bagian belakang sebagai pembeda

Ia pun mengatakan, perawatan selama satu tahun varian hybrid tidak berbeda jauh dengan varian konvensional, karena secara item yang dilakukan juga sama.

Baca Juga: Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

"Perbedaan utama terletak pada baterai, tapi untuk mesin itu sama saja. Sama-sama ganti oli, filter oli, pengecekan kendaraan bila melakukan perawatan secara berkala. Letak perbedaannya hanya yang hybrid pakai baterai," katanya.

Untuk perawatan baterai, Suparna menegaskan bila sebenarnya konsumen tidak perlu khawatir. "Paling utama agar awet adalah dengan memastikan filter dan area di sekitar baterai itu bersih dan minim debu. Baterai C-HR Hybrid itu digaransi selama lima tahun, jadi tak perlu khawatir," ucapnya.