POPULAR STORIES

Tertarik Gunakan Layanan GrabAndong Di Yogyakarta? Ini Tarifnya

 Tertarik Gunakan Layanan GrabAndong di Yogyakarta? Ini Tarifnya Ilustrasi andong di Yogyakarta (ist)

KabarOto.com - Bersama Kementrian Pariwisata, perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online, Grab, baru saja meresmikan layanan terbaru, GrabAndong. Persemian tersebut, dilakukan bersamaan dengan Malioboro Night Festival 2019 di Jalan Malioboro, Jumat (23/8/2019).

Melalui fitur GrabAndong, Grab berusaha meningkatkan penghasilan dari mitra GrabAndong melalui peningkatan produktivitas mereka.

Baca Juga: Gandeng Kementrian Pariwisata, Grab Luncurkan Moda Tranportasi Ikonik

"Saat ini, ada 500 andong tersebar di Malioboro. Namun, untuk fase GrabAndong pertama, hanya 26 andong terdaftar untuk proyek awal," ujar Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.
Persemian GrabAndong

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depannya, Grab akan menambah lebih banyak mitra pengemudi, yakni sekitar 200 mitra untuk GrabAndong dalam waktu enam bulan ke depan. Menariknya, kuda yang disediakan untuk GrabAndong pun dijamin kesehatannya.

"Setiap harinya kuda kami selalu diawasi secara intensif, mulai dari perawatan seperti membersihkan kuda, dan merawat sepatu kuda, bahkan memandikannya. Setiap hari, andong kami jalan maksimal 6-7 jam. Itu pun ketika mereka berhenti, kami selalu memberi air minum."

Tahap awal, GrabAndong hanya beroperasi secara terbatas di kawasan jalan Malioboro

Dr. drh. Yuriadi, M.P. Sekretaris Fakultas Kedokteran Hewan UGM menambahkan, "Dalam hal nutrisi, setiap harinya mereka diberi porsi pakan kuda yang cukup dan jamu agar stamina tetap terjaga. Jika ada yang sakit, kami senantiasa akan mengecek kondisinya". Lalu bagaimana dengan tarifnya?

Selama ini transaksi dan penentuan tarif antara kusir dengan penumpang dilakukan secara tawar menawar. Tergantung jauh dekatnya jarak tempuh dan kondisi saat itu apakah masuk musim liburan atau tidak.

Baca Juga: Nih! 5 Layanan Grab Buat Sobat KabarOto Yang Suka Traveling

Nah, dengan adanya GrabAndong, tarifnya telah ditentukan dari pihak Grab. "Misalnya, dari jalan Malioboro hingga kawasan Keraton Ngayogyakarta dengan kapasitas 4-6 penumpang untuk satu jam pertama, tarif andong dikenakan Rp 150.000," ujar Purwanto sebagai Ketua Paguyuban Andong DIY. Apabila ada overtime, biaya tambahannya sebesar Rp 1.250 per menit.

Cara pesannya pun mudah, pertama pilih Rent Andong dari menu Explore Car/Mobil, lalu Rent di kanan atas. Selanjutnya pelanggan bisa memilih tempat jemput dan berapa lama waktu perjalanan yang diinginkan. Terakhir tinggal pilih tipe pembayaran, bisa dengan tunai atau menggunakan OVO. Bisa jadi pilihan saat liburan nih sobat KabarOto!