Terungkap Alasan New Daihatsu Sirion Tidak Menggunakan Fitur ASA

Terungkap Alasan New Daihatsu Sirion Tidak Menggunakan Fitur ASA Foto: KabarOto

KabarOto.com - New Daihatsu Sirion diperkenalkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) awal Juni 2022 lalu. Low City Car penantang Honda Brio ini, dibekali dengan beberapa fitur baru. Namun, mobil ini tidak ada fitur Advanced Safety Assist seperti yang disematkan pada Rocky.

Lalu apa alasan mereka, padahal fitur ini cukup membantu pengemudi saat berkendara. Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, ada sejumlah perhitungan, pihak pabrikan menilai fitur keamanan yang ada saat ini lebih dari cukup, sudah memenuhi keinginan konsumen.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan New Daihatsu Sirion Di Manado, Sulawesi Utara

New Daihatsu Sirion (Foto: kabarOto)

"Secara fitur keselamatan di Sirion saat ini sudah cukup, termasuk adanya 4 buah airbag, rem ABS, dan kontrol stabilitas," terang Hendrayadi, di Tomohon, Sulawesi Utara belum lama ini.

Alasam selanjutnya adalah, keberadaan ASA akan meningkatkan harga jual mobil. Ia memperkirakan, penambahan fitur ini akan membuat harga mobil meningkat 10 juta. Ia berkaca pada Daihatsu Rocky yang sudah hadir dan disematkan fitur itu.

Baca juga: Profil Daihatsu New Sirion

ASA merupakan fitur keselamatan, diaplikasikan pada Daihatsu Rocky. Cara kerjanya menggunakan sensor dari Stereo Camera, akan mendeteksi objek yang ada di sekitar mobil. Setelah itu, akan muncul perintah, dan mobil pun akan mengontrol saat dalam kondisi bahaya.

Sejumlah fitur ASA adalah Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Front Departure Alert.