POPULAR STORIES

Terungkap, Alasan Toyota Kijang Innova Zenix Menggunakan Penggerak Roda Depan

Terungkap, Alasan Toyota Kijang Innova Zenix Menggunakan Penggerak Roda Depan Toyota Kijang Innova Zenix (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota Kijang Innova Zenix mendapat ubahan secara menyeluruh, salah satunya pada sistem penggerak. Model sebelumnya menggunakan Rear Wheel Drive (RWD), untuk model baru mengadopsi Front Wheel Drive (FWD).

Hideki Mizuma, Chief Engineer of Toyota Motor Corporation (TMC), menjelaskan alasannya. "Ubahan pada sistem penggerak Toyota Kijang Innova Zenix, karena sasis yang digunakan saat ini tidak lagi menggunakan platform mobil pikap," terangnya.

Baca juga : Toyota Kijang Innova Mesin Diesel Masih Terus Diproduksi Dan Dijual

Toyota Kijang Innova Zenix sudah menggunakan platform TNGA (GA-C), yang digunakan oleh mobil sedan. Terbaru platform ini digunakan oleh Toyota Prius dan Corolla, serta Toyota Voxy.

Toyota Kijang Innova Zenix menggunakan platform baru (Foto: KabarOto)

"Meskipun menggunakan platform yang sama dengan Toyota Voxy, namun Kijang Innova Zenix lebih kuat untuk melalui beberapa medan," tambah Hideki Mizuma.

Baca juga : Toyota Libatkan 120 Insinyur Dan 8 Pemasok Lokal Dalam Produksi Kijang Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix saat menggunakan sasis monokok, dengan penggerak roda depan. Atinya, mobil ini tidak lagi sama dengan Hilux ataupun Fortuner, baik dari segi platform hingga mesin.

"Kami tidak menggunakan frame (pikap kabin ganda) Hilux, tapi menggunakan platform TNGA (GA-C), yang biasa digunakan untuk sedan, " tambahnya. Ia meyakini, meski Toyota Kijang Innova Zenix mampu menampung 8 penumpang, namun mereka tetap akan merasakan kenyamanan.