POPULAR STORIES

Terus Meningkat, Tersedia 1.081 Unit SPKLU Sepanjang 2023

Terus Meningkat, Tersedia 1.081 Unit SPKLU Sepanjang 2023 SPKLU PLN

KabarOto.com - Mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, PT PLN (Persero) terus meningkatkan ekosistem Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Hingga akhir 2023, telah tersedia 1.081 unit SPKLU, baik itu milik PLN maupun mitra dan swasta.

Dari total SPKLU yang ada, tercatat konsumsi listrik yang diserap oleh kendaraan EV sepanjang 2023 meningkat 6 kali lipat atau mencapai 2.464.825 kilowatt hour (kWh) dibanding 2022 sebesar 436.656 kWh.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, transisi kendaraan dari berbahan bakar minyak (BBM) ke EV merupakan salah satu alternatif dalam mencapai Net Zero Emissions di 2060 atau lebih cepat.

Baca Juga : Inovasi Baru, PLN Sulap Tiang Listrik Jadi SPKLU di 3 Lokasi Ini

”PLN akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan bagi pengguna EV di tanah air. Peran SPKLU ini menjadi vital untuk memberi kemudahan para pengguna EV dalam mengisi daya sekaligus mewujudkan Indonesia tanpa emisi atau NZE di tahun 2060 atau lebih cepat,” ujar Darmawan.

Beberapa upaya juga dilakukan untuk mendorong peralihan ke kendaraan EV di 2023, salah satunya pembangunan perdana SPKLU di sejumlah wilayah.

“Kontribusi yang dilakukan PLN bagi masyarakat akan membawa Indonesia menjadi negara yang maju, negara dengan energi hijau. Salah satunya penyebaran SPKLU akan kita eskalasi ke banyak titik hingga seluruh masyarakat tidak merasakan takut lagi untuk menikmati kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Terus mendukung pertumbuhan ekosistem EV di Indonesia, PLN telah menggandeng beberapa pihak untuk bekerja sama dalam mengakselerasi pembangunan infrastruktur SPKLU, di antaranya dengan PT Exelly Elektrik Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk, PT Bringin Karya Sejahtera dan PT High Volt Technology, yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama pengembangan pada acara The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 Juli 2023.

Selain itu PLN juga menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam memberikan kemudahan proses perizinan pembangunan SPKLU lewat sistem Online Single Submission (OSS) milik Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang terintegrasi dengan sistem AMDALNET, sehingga mitra lebih mudah mengurus perizinan pembangunan SPKLU.

Baca Juga : SPKLU Mobil Listrik PLN Resmi Pakai Energi Terbaru

Kenyamanan pengguna EV juga diwujudkan lewat layanan home charging. Sepanjang 2023, pemasangan home charging juga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Ditaksir, sebanyak 3.729 unit layanan home charging telah berhasil dipasang selama tahun 2023, meningkat 5 kali lipat dari tahun 2022. PLN mencatat total home charging yang saat ini terhubung dengan listrik PLN sebanyak 4.610 unit. Adapun, total pemakaian daya listrik pelanggan khusus home charging pada tahun 2023 sebesar 2.937 MWh atau meningkat lebih dari 7 kali lipat dibanding dengan tahun 2022 sebesar 399 MWh.

“Dengan peningkatan konsumsi listrik pada SPKLU dan home charging oleh pengguna EV, menjadi jawaban bahwa upaya PLN selama ini untuk membangun ekosistem EV di Indonesia telah disambut baik dan memberi kenyamanan bagi para penggunanya,” tutur Darmawan.