POPULAR STORIES

Tesla Model 3 Jadi Mobil Listrik Terlaris Di Eropa

Tesla Model 3 Jadi Mobil Listrik Terlaris di Eropa Tesla Mode 3 (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Tesla Model 3 mencatatkan penjualan 113.397 unit kendaraan pada November 2021. Hasil tersebut membuatnya menjadi mobil listrik paling laris di Eropa. Posisi kedua ada Volkswagen ID.3 dengan 63.109 unit, kemudian disusul Renault Zoe 60.551 unit.

Mobil listrik sendiri diprediksi akan mencapai rekor pangsa pasar sebesar 11% pada tahun 2021. Menurut penulis Laporan Mobil Listrik Eropa, Matthias Schmidt mengatakan bahwa angka penjualan mobil listrik di Eropa akan lebih tinggi dari perkiraan apabila tidak ada krisis microchip.

Baca Juga : Penasaran Bentuk Kabin Tesla Cybertruck?

Volkswagen id.3

Peningkatan ini terjadi karena pabrikan mobil harus menjual produk dengan batas emisi CO2 yang berlaku di Eropa. Beberapa pabrikan terancam kehilangan target emisi tersebut karena memprioritaskan mobil mewah yang memiliki keuntungan lebih tinggi, tapi menghasilkan emisi yang tinggi.

Secara keseluruhan, Tesla menjadi pabrikan dengan penjualan mobil listrik terbanyak di Eropa dengan catatan 170.000 unit. sedangkan, Grup Volkswagen meraih penjualan sebanyak 300.000 unit, tapi terbagi menjadi beberapa merek, seperti Volkswagen, Audi, Skoda, Cupra dan Porsche.

Sebagai informasi, Tesla Model 3 merupakan sedan bergaya fastback empat pintu ini dikembangkan Tesla dan diproduksi mulai pertengahan 2017 silam. Peluncuran dan pengiriman resmi 30 mobil pertama berlangsung pada 28 Juli pada tahun yang sama. Selanjutnya, mobil Tesla Model 3 semakin populer sebagai jualan terlaris Tesla.

Baca Juga : Tesla Cyberquad, ATV Listrik Khusus Anak-Anak Dibanderol Rp27 Jutaan

Edisi terbaru dari Model 3 juga memberikan baterai 82 kWh. Hal ini menawarkan peningkatan pada kapasitas baterai. Evolusi teknologi baterai ini memberikan rentang yang lebih jauh. Dikombinasikan dengan ban baru dan peningkatan software, membuat Model 3 mengalahkan rekornya sendiri sebagai mobil produksi massal paling efisien di dunia.

Tesla menjanjikan jangkauan 423 km untuk model Standard Range Plus atau meningkat 21 km, jarak 568 km untuk Long Range dengan peningkatan 50 km, dan peningkatan 25 km untuk varian Performance dengan total jangkauan 507 km.

Meski memiliki mesin yang efisien, kecepatan yang ditawarkan masih cukup baik. Varian paling entry level yakni Standard Range mampu melesat hingga 209 km/jam.