POPULAR STORIES

Tesla Model Jadi Mobil Terlaris Di Eropa Pada Kuartal Pertama 2023

Tesla Model Jadi Mobil Terlaris di Eropa Pada Kuartal Pertama 2023 Tesla Model Y yang dipasarkan di Indonesia (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Tesla Model Y menjadi mobil terlaris di Eropa untuk kuartal pertama tahun 2023. Penjualannya meningkat 179% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mobil listrik ini mengungguli penjualan Dacia Sandero dan Peugeot 208, yang melengkapi posisi tiga teratas di 27 pasar Eropa. Selain itu, Volkswagen menjadi merek mobil terlaris secara keseluruhan, mengalahkan Toyota dan Peugeot.

Menurut JATO, Tesla Model Y menduduki peringkat teratas pada Maret 2023, mengulang pencapaian September dan November 2022. Namun, ini pertama kalinya merebut posisi teratas di periode kuartal. Sebelumnya, pada periode yang sama tahun lalu, Tesla Model Y hanya menempati posisi ke-31.

Baca Juga: Tesla Cybervault Charger Portable Mirip Cybertruck

Dacia Sandero menempati posisi kedua

Felipe Munoz, Analis Global di JATO Dynamics mengungkapkan, peningkatan produksi bersamaan dengan masalah rantai pasokan yang mulai teratasi, menunjukkan bahwa Tesla Model Y, kemungkinan akan menjadi salah satu dari 5 kendaraan terlaris di Eropa pada tahun 2023 secara keseluruhan.

Penjualan mobil di Eropa kuartal pertama 2023 meningkat 17%, dengan total 3.220.806 unit, angka ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 2019.

Mobil listrik menyumbang 13,4% dari total penjualan, dengan 430.700 unit. Ini adalah kinerja kuartal pertama tertinggi untuk BEV, karena memiliki jumlah opsi yang lebih banyak, harga yang lebih terjangkau, dan insentif yang menarik.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Novitec Garap Tesla Model Y

Peugeot menempati posisi ketiga

Tesla mendapat bagian terbesar dengan pangsa 22%, dalam penjualan BEV, melampaui rekor tahun sebelumnya. VW Group menduduki tempat kedua di peringkat dengan selisih yang sedikit dengan Tesla.

Pabrikan mobil listrik lain yang meraih hasil penjualan bagus adalah Geely dan SAIC (MG), ini menunjukkan bahwa merek asal Tiongkok mulai ramai di Eropa

Fakta menarik lainnya, Toyota bZ4X saat ini merupakan satu-satunya mobil listrik Jepang yang ditawarkan di Eropa, menunjukkan peningkatan penjualan bsebesar 437%, pada kuartal pertama, tetapi gagal masuk 10 besar dengan hanya 3.700 penjualan.