POPULAR STORIES

Test Drive All-new Honda BR-V Prestige With Honda Sensing Suguhkan Performa Terbaik Di Jalan Tol

Test Drive All-new Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Suguhkan Performa Terbaik di Jalan Tol Foto: KabarOto

KabarOto.com – All New Honda BR-V sebagai generasi terbaru, sekali lagi menjadi benchmark di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) berkonfigurasi 7-seater. Dikemas dengan desain memikat, interior suguhkan kenyamanan dan kepraktisan, mesin efisien serta teknologi pendukung keselamatan Honda Sensing, menjadi yang pertama di kelasnya.

Diperkenalkan pada 21 September 2021, All New BR-V yang bermain di kelas Low-SUV ditawarkan empat varian yakni All New BR-V S M/T, All New BR-V E CVT & M/T, All New BR-V Prestige CVT, dan All New BR-V Prestige CVT with Honda Sensing.

Varian terakhir tentu sangat mumpuni bagi keluarga yang menginginkan sebuah MPV dengan fitur keamanan terkini dan lengkap. Namun mesti diingat juga, layaknya kendaraan bagi mayoritas keluarga di Tanah Air, Honda juga punya opsi All New BR-V tipe E yang punya valur for money terbaik di kelasnya, dengan rentang harga Rp 300 jutaan.

Baca juga: All New Honda BR-V Raih Penghargaan Car of The Year

Mesin Honda BR-V bisa diandalkan berakselerasi di jalan tol

Kali ini, KabarOto berkesempatan menguji All New BR-V Prestige CVT dengan Honda Sensing hingga 1.700 km lebih, yang terbagi dalam dua etape. Adapun etape awal menikmati All New BR-V melesat di jalur bebas hambatan dari markas KabarOto di Tangerang Selatan menuju Yogyakarta. Kesenangan berkendara kami dapati ketika masuk di tol JORR hingga Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed sepanjang 36 km di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Memang bukan kecepatan laju mobil yang kami ingin maksimalkan, karena KabarOto lebih fokus pada ubahan All New BR-V yang kini diklaim lebih optimal, dalam menyajikan kesenangan berkendara sebuah SUV 7 seater. Bila melihat dimensinya memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm dan, tinggi 1.685 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.700 mm, terbilang ideal sebagai mobil 7 penumpang. Sedangkan untuk ground clearance dihadirkan 220 mm.

Oh iya, yang kami bawa adalah varian tertinggi. Pelek alloy 17 inci dan lampu rem LED menjadi pembeda. Fitur andalannya adalah Remote Engine Start, bisa menyalakan mesin dari jarak jauh dengan kondisi pintu dalam keadaan terkunci. Sehingga saat mengakses kendaraan, temperatur mesin sudah optimal dan kabin sudah sejuk. Sangat berguna saat selesai sarapan, lalu tim ingin langsung mencari spot foto dan video.

Kemudian ada kamera kecil di spion luar sebelah kiri, disebut sebagai Honda LaneWatch. Memastikan saat berpindah lajur atau berbelok kiri bisa melihat kendaraan di belakang, sehingga memberikan keselamatan saat di jalan raya atau jalur bebas hambatan. Kepraktisan lain adalah Audio Steering & HFT Switches, memudahkan dalam pengoperasian pintas infotainment dan juga fitur panggilan telpon melalui perintah suara.

Rear View Parking Camera memberikan kemudahan saat mundur, fitur ini sangat menyenangkan terutama ketika tim KabarOto mencari lokasi parkir ideal di rest area dan lokasi wisata.

Yup, Honda Sensing berarti sudah berfitur pendukung keselamatan bagi pengemudi dan pengguna jalan lain. Fiturnya berlimpah untuk di kelasnya, mulai dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lead Car Departure Notification System (LCDN), dan Auto-High Beam (AHB). Sangat membantu ketika pengendara tak menyadari ada kemungkinan terjadinya insiden, fitur ini akan memastikan laju kendaraan dalam keadaan aman, salah satunya melakukan pengereman secara otomatis.

Ground clearance mencapai 220 mm

Ketika melaju di jalan tol bebas hambatan, meski tinggi ground clearance mencapai 220 mm, All-new BR-V mampu melaju mantap. Hal ini berkat redaman suspensi depan andalkan tipe MacPherson Strut dan untuk bagian belakang H-Shape Torsion Beam.

Meski beberapa jalanan yang kami lintasi di Trans Jawa ada yang tambal sulam dan ada pengerjaan pengaspalan jelang Lebaran, tak menimbulkan suara yang mengganggu saat meluncur. Begitu juga dengan perbedaan permukaan beton dan sambungan balutan aspal, tak terlalu disadari berkat redaman kabin ekstra.

Bisa dibilang, redaman juga sangat baik di kelasnya selama tim berada di kabin. Bahkan sempat diguyur hujan, atap yang menerpa tetesan air bisa diredam suaranya. Sehingga saat hujan sambil mendengarkan musik, masih tetap terdengar. Sambungan tol jalan layang yang biasanya sangat mengganggu, juga bisa diredam menginterupsi kabin.

Mudah untuk mendapatkan posisi duduk

Meski menempuh jarak jauh, posisi berkendara All New BR-V tak membuat cepat fatique. Sebab mudah disetel untuk mendapatkan pandangan terbaik ke jalan raya. Tester KabarOto dengan postur tinggi 170 cm. Posisi spion samping dan tengah dapat terpantau baik, kaca belakang juga luas, sehingga bisa memantau baik kendaraan lain.

Bentuk pilar A juga dibuat sudut hadirkan pandangan tak mengganggu ketika berbelok, pilar B juga di belakang tubuh membuat lebih mudah, bila ada kendaraan lain di area blind-spot dari pengelihatan spion.

Laju mobil dibatasi sampai 100 kpj di jalur bebas hambatan menjadi perubahan yang sginifikan mengubah karakter berkendara, menjadi sabar. Sekaligus kewaspadaan berkendara bisa lebih optimal.

Bisa Nikmati fitur android auto di layar Honda BR-V

Memanfaatkan Adaptive Cruise Control, laju mobil bisa tetap konstan melesat 100 kpj di jalan tol. Dibantu CMBS dan LCDN memastikan jarak dengan kendaraan di depan dapat terjaga agar terhindar dari insiden. LKAS juga memastikan All New BR-V tetap berada di jalurnya, lingkar kemudi akan mengerahkan mobil tetap di antara lajur bila melewati tikungan.

Mesin All New BR-V memiliki kode L15ZF, memiliki teknologi i-VTEC + DBW, lebih tepatnya memiliki kapasitas silinder 1.498 cc. Tenaganya di atas kertas mencapai 120 dk pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.300 rpm. Menggunakan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT), memberikan akselerasi kuat saat menyalip kendaraan di depan. Keunggulannya adalah menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang menyenangkan.

Saat berkendara, kami ditemani hiburan dari monitor infotainment 7 inci, yang bisa dioperasikan dengan sentuhan. Dapat tersambung dengan smartphone berbasis Android Auto atau Apple CarPlay, sehingga memudahkan mendapat informasi langsung di layar dasbor, bahkan termasuk navigasi dari Google Map. Bila ada pesan, bisa dibalas dengan perintah suara atau percakapan panggilan telepon.

Baca juga: Menperin Sebut, All New Honda BR-V yang di Ekspor Produk Asli Indonesia

Pun melihat spidometer, ada layar MID TFT berukuran 4,2 inci yang memberikan berbagai informasi perihal jarak tempuh, sisa penggunaan bahan bakar, hingga rata-rata pemakaian bahan bakar selama perjalanan.

Semburan penyejuk kabin meluas hingga ke baris ketiga. Penyetelan dilakukan secara sentuhan dengan tampilan digital, membuat All New BR-V terlihat mewah di kelasnya. Tentunya memberikan kenyamanan selama berkendara didukung oleh balutan kulit seluruh joknya. Soket power outlet juga tersedia, sehingga penumpang belakang tak akan kehabisan daya di gadget-nya.

Terakhir, demi memastikan perlindungan optimal, untuk BR-V Prestige dengan Honda Sensing dilengkapi 6 airbag.