POPULAR STORIES

Test Drive All New Honda Civic RS, Sporty Dan Fitur Canggih

 Test Drive All New Honda Civic RS, Sporty dan Fitur Canggih Foto: Benny/KabarOto

KabarOto.com - Kehadiran All New Honda Civic RS mempertegas posisinya sebagai sebuah sedan sporti berteknologi tinggi. Mengusung emblem RS sebagai bagian dari lini Honda yang memiliki tampilan lebih sporty, dan fitur canggih Honda Sensing.

Menjadi salah satu sedan andalan Honda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang ditampilkan dengan warna favoritnya yaitu Ignite Red Metallic. Sedan legendaris Honda ini mulai dipasarkan di Indonesia sejak 1976, dan telah memiliki pengguna yang sangat loyal.

Hingga saat ini, Honda Civic telah dipasarkan di lebih dari 180 Negara di seluruh dunia, dan telah mencatat penjualan lebih dari 28 juta unit. Dari generasi ke generasi, Honda Civic terus melakukan terobosan dengan menghadirkan teknologi dan inovasi yang terdepan pada masanya. Sementara, berdasarkan rilis yang dikirimkan oleh pihak PT Honda Prospect Motor (HPM), lebih dari 120 ribu unit Honda Civic Sedan telah terjual di Indonesia.

Baca juga: Menikmati Sejarah 11 Generasi Honda Civic Di Indonesia

Memiliki tampilan lebih sporty, dan fitur canggih

Generasi ke-11 dari Honda Civic ini, model barunya kini memiliki karakter lebih sporti dalam hal desain eksterior, interior dan performa berkendara serta teknologi keselamatan dan keamanan Honda Sensing.

Asean NCAP telah memberikan peringkat bintang 5 kepada Honda Civic terbaru setelah melakukan pengujian. Dari pengujian tersebut, meraih skor keseluruhan mencapai 83,47 poin, termasuk uji benturan frontal offset, uji benturan samping dan evaluasi fitur keselamatan. Artinya mobil ini telah lolos kualifikasi keamanan kendaraan, peran fitur keamanan menjadi jawaban atas pengujian tadi.

Sistem keamanan Honda Sensing juga berperan penting untuk memenuhi standar keamanan safety assist atau fitur keamanan dengan 18,16 poin. All New Honda Civic RS masuk secara Completely Build Up (CBU) dari Thailand ini memiliki perubahan menyeluruh, kecuali bagian mesin. Kini, PT HPM tidak lagi menjual unit Civic hatchback, karena dari pabrikan di Thailand juga sudah tidak memproduksi lagi model hatchback.

KabarOto berkesempatan untuk melakukan pengujian terhadap All New Honda Civic RS, kebetulan pihak PT HPM berbaik hati meminjamkan unit mobilnya selama 1 minggu.

Eksterior

Generasi ke-11 Honda Civic ini diperkenalkan pada 28 Oktober 2021, desain gril depan baru menyatu dengan lampu utama berteknologi LED, disandingkan dengan Daytime Running Light dan LED Turning Signal. Spion dilabur warna hitam agar terlihat berbeda, dan bisa dilipat secara otomatis maupun manual dengan tombol dari kabin.

All New Honda Civic RS memiliki ukuran yang lebih Panjang 30 mm dari model sebelumnya, yakni Panjang 4.676 mm, lebar 1.802 mm dan tinggi 1.415 mm. Alhasil, dari bagian samping model ini terlihat lebih panjang. Hal ini menguntungkan penumpang mobil, khususnya di baris kedua yang akan merasakan ruang kaki yang lebih lega dan bagasi lebih lapang.

Dari sisi samping, sedan ini terlihat lebih dinamis dan sporti dengan tarikan bodi tegas, dengan side skirt serta handle pintu dan bagian pilar pintu serta kaca yang sengaja dilabur warna hitam. Antena menggunakan model shark fin, serta penggunaan pelek 17 inci berwarna hitam. Pelek tadi dibungkus ban Yokohama Advan berukuran 215/50 R17.

Bagian buritan, lampu belakang yang menyipit di bagasi, desain baru ini membuat tampilan sedan ini terlihat modern. Di atas bagasi terpasang spoiler berukuran kecil, biasa dinamakan ducktail. Fungsinya tentu saja untuk meningkatkan aerodinamik kendaraan, mengarahkan arah aliran angin ke atas untuk memberikan gaya tekan di bagian belakang All New Civic RS.

Untuk menambah kesan sporty, terpasang knalpot ganda dengan lapis krom memberi kesan mewah. Bumper belakang terlihat lebih besar dengan tambahan mika lampu sebagai pemanis, juga tersemat sebuah kamera di atas plat nomor yang berfungsi sebagai pengawas belakang saat melakukan parkir mundur.