POPULAR STORIES

Test Drive All New Honda CR-V 2.0L RS E:HEV, Performa Dan Hemat BBM Melebur Jadi Satu

Test Drive All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV, Performa dan Hemat BBM Melebur jadi Satu Foto: KabarOto dan HPM

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan Honda CR-V di Indonesia sejak tahun 2000, dan kini sudah memasuki generasi 6. Sejak kehadirannya sudah memberikan perubahan pandangan tentang sebuah kendaraan SUV. All New Honda CR-V sebagai generasi terbaru menggendong teknologi hybrid, menghadirkan pengendaraan yang hemat BBM (bahan bakar minyak) juga performa tinggi.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda CR-V hadir dalam varian mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 2.000 cc yang mengusung mesin hybrid berteknologi canggih, sekaligus karakter sporty khas lini RS Honda. Tak heran jika SUV ini meraih beberapa penghargaan dari beberapa badan dunia hingga media.

Baca Juga: New Honda BR-V N7X Edition SUV Stylish dengan Teknologi Terbaru

All New Honda CR-V untuk pertama kalinya di Indonesia mengusung fitur Honda Connect, sebuah teknologi konektivitas yang menghubungkan mobil dengan aplikasi di smartphone penggunanya.

Eksterior

Memiliki panjang sekitar 4.691 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.681 mm dan sumbu roda 2.701 mm, membuat Honda CR-V terbaru ini lebih panjang dan lebar dari generasi sebelumnya. Untuk ground clearance-nya adalah 198 mm.

All New Honda CR-V adalah model SUV yang dirancang dengan desain yang lebih sporty dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan. Model ini telah meraih tingkat keselamatan tertinggi dari IIHS Top Safety Pick+ serta ASEAN NCAP pada tahun 2023.

Pada bagian samping, terlihat garis lurus kebelakang mobil serta roof rail yang memberi kesan gagah dan tangguh. All New Honda CR-V RS e:HEV telah dilengkapi oleh Lock Pre-setting pada handle pintu yang dimana kendaraan akan otomatis terkunci setelah pengemudi mengunci pintu terlebih dahulu kemudian menutup pintu yang lainnya.

Gaya model yang lebih berani dan agresif ditandai dengan gril depan menampilkan pola jaring dengan warna piano black yang lebih besar, dengan penempatan sensor yang tersembunyi.

Lampu depan agak menyimpit yang menganut teknologi LED dan sein sequential. Bagian bemper memiliki model besar dengan lekukan tajam, pojok kiri dan kanan bemper dengan lekukan seperti bumerang.

Selanjutnya tambahan air dam di bawah bemper, garis karakter menunjukan aerodinamis kendaraan. Sementara di bagian belakang, kombinasi lampu rem, dan lampu belok vertikal baru menghadirkan evolusi canggih dari cluster lampu belakang model ini yang langsung dapat dikenali.

Kombinasi ini dipadukan dengan pilar A yang dioptimalkan secara aerodinamis, lantai bawah yang lebih datar, dan spoiler atap belakang untuk meningkatkan kecepatan aliran udara di bawah dan di sekitar Honda CR-V, sehingga memberikan stabilitas lebih baik pada kecepatan lebih tinggi.

Pelek menggunakan model palang berwana hitam glosy ukuran 19 inci dengan ban Michelin Latitude Sport 3 berukuran 235/55 R19.

Untuk suspensi mengandalkan MacPherson Strut di depan dan Multi Link di belakang, kombinasi suspensi tersebut memberikan stabilitas berkendara jadi lebih baik. Terbukti di jalan tol pada kecepatan sedang hingga tinggi tetap stabil, apalagi ketika melintasi jalan berkelok di kawasan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, tetap stabil.

Pengendalian yang menjadi hal penting, di sini KabarOto merasakan tingkat pengendalian yang baik. Rasa berkendara sport yang digaungkan memang terjadi, meliuk cukup responsif seperti membawa sebuah kendaraan sedan.

Interior

Material bertekstur berkualitas hadir di seluruh kabin all-new Honda CR-V dengan tactile switch dan kontrol yang mudah dipahami dan dioperasikan, menciptakan pengalaman mewah dalam mobil yang selaras dengan SUV pada segmen menengah.

Di bagian depan terdapat dasbor modern dan rendah dengan ventilasi udara lebar penuh, layar infotainment 9 inci yang mendukung Android Auto dan wireless Apple CarPlay, dan spidometer 10,2 inci yang dipasang di belakang kemudi, semuanya diatur untuk lebih membantu visibilitas ke luar dan terdapat juga head-up display

Memiliki kapasitas hingga 5 penumpang, dan bagasi yang cukup lega. Bagian jok depan dengan desain busa lekukan menyesuaikan dengan kontur tubuh manusia pada umumnya, dan jok belakang berbusa tebal dengan penopang tubuh yang tinggi dan sandaran kepala.

Kedua jok pengemudi dan penumpang sudah menggunakan sistem operasi model elektrik dengan pengatur 8-way di bagian pengemudi, sedangkan penumpang depan hanya pengaturan 4-way serta dilengkapi fitur Driver Memory Seat.

Baca Juga: Penjualan Honda CR-V di Indonesia, Generasi 3 Paling Banyak

CR-V e:HEV memiliki area luas di belakang baris kedua dan akan lebih lega lagi apabila kursi baris kedua terlipat. Bukaan pintu yang lebar memudahkan keluar masuknya orang dewasa, anak-anak, dan ISOFIX untuk penggunaan kursi anak tambahan. Itu hanya membuat menghadapi kehidupan sehari-hari menjadi mudah.

Terdapat pula Qi-compatible dengan maksimum 15W wireless smartphone charging, serta 12-speaker Bose premium audio system dan Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi, seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Kabin penumpang baris kedua juga hadir untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di bagian belakang yang dilengkapi juga dengan Panoramic Sunroof. Pada sistem AC disematkan penyesuaian suhu secara independen (kiri dan kanan), kenyamanan tersebut juga didukung dengan lampu belakang sentuh LED serta 2 port USB Type C.