POPULAR STORIES

Test Drive Subaru WRX TS Eyesight, Sedan Keluarga Titisan World Rally Championship

Test Drive Subaru WRX tS Eyesight, Sedan Keluarga Titisan World Rally Championship Subaru WRX tS Eyesight (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Plaza Auto Mega selaku payung Subaru Indonesia, memboyong All New WRX untuk masyarakat Tanah Air yang menginginkan mobil sport JDM titisan World Rally Championship (WRC), namun masih nyaman digunakan bersama keluarga.

Sedan ini memiliki panjang 4.670 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.465, dan sumbu roda 2.675 mm dengan bobot sekitar 1.604 kg, serta punya kapasitas bagasi hingga 414 liter.

Dibandingkan pendahulunya, tampilan mobil ini jauh lebih lebih agresif dan modern. Seperti ornamen air scoop yang mengarah langsung ke intercooler di ruang mesin. Adapun lampu utama mengandalkan teknologi LED proyektor dan LED DRL dengan desain sporty serta fitur washer.

Ukuran grilnya cukup besar dengan bentuk segi enam, berwarna hitam doff. Begitu juga di bumpernya memiliki aksen warna hitam doff yang memberikan kesan crossover, dilengkapi lampu kabut LED multireflektor untuk membantu sistem penerangan.

Aksen over fender yang mengelilingi lingkar roda dibuat warna hitam doff dengan ventilasi udara agar bisa mengalirkan angin.

Pelek menggunakan ukuran 18 inci, lebar 8,5 inci model multipalang dengan finishing dual tone untuk tipe tS, dibalut ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 245/40/R18. Sistem pengereman juga sudah menggunakan cakram di bagian depan dan belakang, dengan sistem suspensi model MacPherson di depan dan double wishbone di belakang.

Beralih ke belakang, Subaru WRX tS Eyesight menggunakan lampu rem kombinasi LED baru yang modelnya sekilas mirip seperti BRZ. Paling mencolok adalah diffuser di bagian bumper belakang memberikan kesan gahar, apalagi dikombinasikan dengan 4 laras knalpotnya.

Baca Juga: Galeri The All-new Subaru Outback 2.5i-Touring EyeSight Yang Melantai Di GIIAS 2023

Dapur pacu mobil ini mengandalkan mesin konfigurasi Boxer 4 silinder turbo berkapasitas 2.400 cc yang bisa menghasilkan tenaga 271,2 dk dan torsi maksimal 350 Nm pada 2.000 rpm. Sayang, aksen warna-warni yang 'menyegarkan' mata di engine bay absen di generasi terbaru ini.

Tenaga disalurkan menggunakan transmisi Subaru Performance Transmission (SPT) Lineartronic CVT 8 percepatan tersambung dengan sistem S-AWD. Soal performa, akselerasi dari 0-100 kpj mobil ini hanya butuh 6 - 6,1 detik, lalu kecepatan maksimal dibatasi hanya 215 kpj saja.

Meski hentakan akselerasi awal rasanya cenderung jinak jika dibandingkan versi transmisi manualnya, mobil ini menawarkan kenyamanan yang direvisi dari generasi sebelumnya. Unik, karena kita bisa langsung merasakan perbedaan 4 driving mode yang dapat diubah di tombol setir, mulai Comfort, Normal, Sport, Sport+ dan Individual.

Paling terasa, ketika beralih dari mode Comfort langsung ke Sport+. Suspensi mendadak jadi rigid dan putaran (rpm) mesin jadi agresif seakan ingin terus melibas jalanan. Enaknya lagi, ada model individual yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan, contohnya mapping, suspensi dan lainnya.

Dengan kemampuannya tersebut, konsumsi bbm mobil ini masih ada di angka 9 kpl selama 2 hari dengan rute Alam Sutera - Gading Serpong - BSD - Pamulang, cukup efisien untuk sebuah sedan performa tinggi semacam WRX tS Eyesight ini.

Baca Juga: Test Drive Jeep Grand Cherokee SWB (WL74) 2023 - Performa SUV Nyaman Asal Negeri Paman Sam

Interior tipe tS menggunakan material pelapis jok fabric dan kulit berpadu suede, dengan bordir WRX di bagian sandaran kepala. Adapun emblem STi di bagian setir, membuat semua nuansa tersebut nostalgia ke generasi WRX STi sebelumnya.

Mulai dari bagian jok sudah elektrik dengan memory seat di tipe tS. Lalu setirnya pun sudah dibalut kulit berikut fitur audio steering dan cruise control, namun versi tS punya paddle shift di balik setir.

Layar spidometer pun sama menggunakan kombinasi model jarum dan MID di tengah. Sementara head unit sudah cukup canggih dengan layar vertikal ukuran 11,6 inci yang bisa mengatur media terintegrasi Android Auto, menampilkan berbagai informasi misalnya temperatur air, udara luar, tanggal dan jam, hingga mengatur AC dual zone-nya.

Di bagian konsol tengah terdapat soket pengisian daya USB, dan Aux in. Lalu untuk versi manual masih pakai rem tangan model tarik, sementara versi otomatis remnya sudah elektrik. Adapun dua buah cup holder, dan ruang penyimpanan tertutup juga tersedia.

Duduk di belakang juga masih cukup nyaman seperti menaiki sedan pada umumnya, terdapat tiga buah sandaran kepala.

Soal fitur keselamatan, mobil ini dibekali Subaru EyeSight sendiri mencakup fitur seperti Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control, Preceding Vehicle Adaptive Steering Control dan Adaptive Cruise Control.

Ada juga fitur Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.

Subaru WRX WRX tS A/T EyeSight ini dibanderol dengan harga Rp 949,5 juta OTR DKI Jakarta. Seluruh Subaru WRX yang dipasarkan melalui jaringan diler resmi Plaza Subaru ditawarkan dengan Garansi 3 tahun atau 100 ribu km, servis gratis 3 tahun atau 50 ribu km, dan Subaru Roadside Assistance selama 3 tahun, yaitu layanan bantuan darurat.

Properti Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia/ Plaza Subaru Alam Sutera)
Harga Rp 949,5 juta
Konsumsi bbm 9 kpl
Rute pengetesan Alam Sutera - Gading Serpong - BSD - Pamulang
Mesin Boxer 4 silinder berkapasitas 2.400 cc turbocharger
Girboks Subaru Performance Transmission (SPT) Lineartronic CVT 8 percepatan
Penggerak Symmetrical AWD
Tenaga 271,2 dk
Torsi 350 Nm pada 2.000 rpm
Pelek 18 inci lebar 8,5 inci model multipalang finishing dual tone
Ban Dunlop SP Sport Maxx 245/40/R18
Fitur Keselamatan Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control, Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Assist (LCA)
Mode Berkendara Comfort, Normal, Sport, Sport+ dan Individual