POPULAR STORIES

Test Ride - Menguji Lincahnya Yamaha Freego 125 Di Ibukota

Test Ride - Menguji Lincahnya Yamaha Freego 125 di Ibukota Test Ride Yamaha Freego - (Foto: KIpli)

KabarOto.com - Yamaha Freego, motor skutik yang diluncurkan Yamaha pada akhir 2018, membuat persaingan di kelas Matic 125 menjadi bervariasi. Saya pun diberi kesempatan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk mencobanya. Sekilas melihat bodi motor ini, terlihat agak gembung namun didukung dengan beragam fitur baru.

Sebelum membawanya dari pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, saya lebih dulu ingin mengenal fitur-fiturnya. Freego sudah menggunakan teknologi LED untuk lampu utamanya, memberikan penerangan yang optimal jika berkendara di malam hari. Ada juga lampu hazard, biasanya digunakan bagi pengendara yang mengalami masalah darurat di jalan.

Motor ini juga dibekali dengan Smart Key Sistem (SKS). Menyalakan dan menghidupkan motor ini tidak lagi menggunakan anak kunci (keyless), sehingga berkendara bisa nyaman dan aman.

Keunggulan lain dari motor ini adalah ukuran bagasi yang cukup besar yaitu 25 liter, lebih besar dari Yamaha NMax. Bagasi ini sengaja dibuat oleh Yamaha untuk menyimpan barang-barang bawaan seperti jaket, helm full face, serta barang-barang lainnya.

Baca Juga: 11 Fakta Penting Seputar Yamaha FreeGo Yang Perlu Diketahui

Memiliki letak akses pengisian bahan bakar yang tak biasa,tepatnya di bawah setang sebelah kiri. Sehingga pengendaranya agar lebih mudah saat mengisi bahan bakar tanpa harus membuka jok.

Uniknya dari motor ini adalah letak tangki yang mampu menampung hingga 4,2 liter tersebut berada di bawah footboard (bagian bawah motor).

Meski berada di bagian bawah, namun tangki ini telah dilindungi pelat sehingga tahan air saat hujan bahkan banjir. Bahkan pelat yang melapisinya bisa menahan gesekan dari jalan rusak atau polisi tidur.

Skutik ini dibekali pelek berukuran 12 inci dan ban tubeles tapak lebar

Untuk sektor kaki-kakinya, skutik ini dibekali pelek berukuran 12 inci dan ban tubeles bertapak lebar, sehingga dianggap mampu memberikan cengkraman maksimal di jalan beraspal.