POPULAR STORIES

The Krauser Domani, Konsep Sidecar Karya Michael Krauser

The Krauser Domani, Konsep Sidecar Karya Michael Krauser

KabarOto.com – Apakah kalian pernah mendengar nama Michael Krauser? Beliau merupakan seorang pembalap sidecar yang tergabung dalam tim BMW di tahun 1950-an. Beliau juga merupakan seorang pembuat konsep sidecar bernama The Krauser Domani yang membuat banyak orang terkagum pada saat itu.

Apakah kalian tahu bagaimana side car The Krauser Domani tercipta? Memang motor ini tidak populer di Indonesia karena tidak dipasarkan untuk pasar Indonesia, meskipun motor ini telah ada pada tahun 1990-an. Oleh karena itu, mari kita cari tahu kisah Michael Karuser dalam menciptakan sidecar The Krauser Domani ini.

Kisahnya sendiri berawal saat Michael Krauser merupakan seorang pembalap sidecar yang tergabung dalam tim BMW di tahun 1950-an dan telah meraih kemenangan dalam kejuaraan nasional Jerman, kemenangan yang diraihnya sangat mengesankan di kejuraan nasional Jerman selama berturut-turut pada tahun 1955, 1956, 1957, dan 1958 hingga akhirnya beliau berhenti dalam kejuaraan balap tersebut karena pensiun.

Baca juga: Tambah Masa Garansi, Ini Yang Harus Diperhatikan Konsumen Motor BMW

Hingga akhirnya dia kembali di tahun 1970-an, namun bukan sebagai pembalap sidecar, melainkan sebagai seorang yang mendesain dan membuat part motor. Beliau memulai usahanya sebagai seorang yang mendesain dan membuat part motor dengan membuat perlengkapan motor seperti bagasi tambahan dan part tambahan lain.

Setelah memiliki pengalaman dalam industri motor dalam membuat desain dan part untuk motor, barulah Michael Krauser menerima tantangan untuk berkembang dengam membuat desain motor. Tantangan dalam membuat desain motor pertama yang menjadi karyanya yaitu mengerjakan BMW R100 RS custom.

Setelah berhasil mengerjakan custom BMW R100 RS, barulah beliau membuat konsep sidecar bernama The Krauser Domani yang saat itu banyak dibicarakan oleh orang-orang.

Motor konsep The Krauser Domani dibuat dengan basis K1200 beserta mesinnya yang merupakan salah satu motor besutan BMW yang memiliki output tenaga 150 dk, desain motor ini dibuat dengan konsep desain fancy seperti di film-film sci-fi. Transmisinya sendiri menggunakan girboks 5 percepatan, untuk kecepatan tertinggi yang bisa diraih lebih dari 200 kpj.

Baca juga: Motor BMW Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin Mobil VW

Sebagai sebuah sidecar, Michael Krauser merancang secara khusus bagian sasis dan suspensinya. Sasis yang digunakan menggunakan sasis baja kustom yang dikaitkan dengan sasis sidecar secara permanen, sedangkan suspensi depan diletakkan di tengah karena ban depan ditopang dengan swing arm samping.

Di bagian belakang, memiliki suspensi independen double-wishbone, bodinya menggunakan bodywork aerodinamis super radikal yang membuatnya terlihat seperti pesawat luar angkasa dibandingkan sidecar.

Terlepas dari tampilannya, The Krauser Domani terlihat seperti mobil roda tiga atau bisa juga disebut sebagai trike. Suspensi dan drivetrain seolah memberikan Domani handling yang mirip mobil, motor ini juga memiliki bagasi yang terletak di bagian belakang ditambah spoiler sebagai pilihan opsional untuk memberikan tampilan yang lebih sporty. The Krauser Domani juga menawarkan penggunaan turbocharged untuk performa yang semakin bertenaga.

Dilansir dari rideapart.com, motor ini hanya diproduksi sekitar 100 unit saja dan dijual untuk pasar Eropa dan Jepang di tahun 1990-an. (Nora Dian Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkait