POPULAR STORIES

Tidak Asal Buat, Begini Spesialnya Aero Kit GR PARTS Toyota GR 86

Tidak Asal Buat, Begini Spesialnya Aero Kit GR PARTS Toyota GR 86

KabarOto.com – Toyota GR 86 memang menarik perhatian di kalangan pecinta sport car. Kesuksesan Toyota 86 sebelumnya, berlanjut ke generasi teranyarnya yang masih bekerja sama dengan Subaru.

Selain mesin lebih bertenaga, GR 86 juga memberikan aero kit spesial GR PARTS yang tidak hanya dibuat sebagai estetika, melainkan memang menunjang performa.

Baca juga : Intip Toyota GR 86 Varian Terendah, Pakai Pelek Kaleng

Pertama konsep dari GR parts ini adalah Stylish Street Sports. Oleh karena itu gaya kit ini masih cocok depakai sehari-hari, saat digunakan belanja, jalan-jalan liburan, dan sebagai mobil harian. Namun tetap menunjang performa ketika pemilik ingin memacunya di trek.

Desain dibuat sketsa secara 2D yang digambar oleh perancang, lalu dari desain tersebut gunakan alat digital untuk membuat model 3D. Ketika proses 3D sketsa ini untuk melengkapi bagian-bagian yang tidak dapat diwujudkan dari sketsa 2D ke bentuk utuh.

Selanjutnya masuk tahap CFD (Computational Fluid Dynamics). Ini adalah metode menghitung aliran udara dengan menerapkan angin digital ke model mobil 3D lewat komputer. Pengembangan ini sama seperti yang dilakukan saat pengembangan mobil Super GT. Jadi tidak boleh sembarangan untuk estetika semata, ada fungsi dari setiap part-nya.

Baca juga: Mesin Terbaru Toyota GR86 Hanya Untuk 2 Tahun Saja!

Setelah itu masuk ke pengembangan Toyota Customizing and Development, di sini prototipe aero kit sudah dibuat dan dicoba menempelkan langsung ke mobil di jalur uji untuk membangun stabilitas kemudi. Dengan menguji dan menyetel setiap bagian aero, bagian kekakuan bodi, suspensi, dan sebagainya maka akan menghasilkan hasil sempurna, baik dari pengendaraan dan performa.