Tidak Laku, Mercedes-Benz Bakal Hentikan Produksi X-Class

Tidak Laku, Mercedes-Benz Bakal Hentikan Produksi X-Class Sumber Foto : Mercede-Benz Euro

KabarOto.com – Salah satu line-up Mercedes-Benz terpaksa disuntik mati. X-Class merupakan sebuah pikap yang berbasis dari Nissan Navara ini ternyata tidak begitu menarik minat konsumen.

Mercedes-Benz X-Class ini memulai debutnya pada awal 2017 lalu, dan pada bulan Mei 2020 mendatang mobil ini akan dihentikan produksinya. Keputusan yang diambil oleh pihak Daimler bertujuan untuk memangkas biaya.

Baca Juga : Dari Tertangkap Kamera Hingga Pembayaran, Begini Alur Tilang ETLE

Mercedes-Benz selalu meninjau kembali portofolio secara berkala. Saat ini mereka telah memutuskan untuk menghentikan X-Class pada bulan Mei mendatang. Pasalnya, X-Class berada di divisi Van Mercedes ini mengalami kerugian sebanyak 2,4 miliar Euro atau sekitar Rp 35 miliar pada 2019 lalu.

Sebenarnya, ada rencana untuk mempertahankan line-up ini. Pada kuartal pertama 2019, Mercedes-Benz berniat untuk memproduksi X-Class di Argentina. Sayangnya, ekspektasi pasar terhadap harga di Amerika Selatan tidak sesuai.

Mercedes-Benz X-Class sejatinya bukan orisinal dari pabrikan asal Jerman ini, melainkan berbasis dari Nissan Navara. Di Jerman, X-Class dibanderol EUR48.790 atau sekitar Rp 724 jutaan. Harga tersebut lebih mahal EUR 16.000 dari Navara dan EUR 4.000 dari Renault Alaskan yang ikut memakai basis dari Double-Cabin pabrikan Jepang ini.

Renault Alaskan

Memang Mercedes-Benz X-Class memiliki keunikan, selain mewah mobil ini memiliki mesin yang sangat bertenaga terutama varian X350d, dengan mesin diesel V6 dapat menghasilkan tenaga sebesar 258 dk dan torsi 550 Nm.

Walaupun begitu, mewah dan unik bukan jawaban untuk segmen mobil komersial, posisinya pun tidak praktis untuk sebuah kendaraan peningkat gaya hidup. Dan terlalu mahal di jajaran mobil komersial. Selain itu, banyak konsumen menggangap mobil ini masih terlihat seperti Nissan Navara, tidak heran kenapa mobil ini tidak laku.

Baca Juga : Ecstar Akan Gantikan Suzuki Genuine Oil

Melalui data penjualan, secara global X-Class tercatat penjualan maksimum hanya 16.700 unit pada 2018. Kemudian menurun pada 2019 di angka 15.300 unit. Dibandingkan Nissan Navara memperoleh penjualan hingga 66.000 unit di semester pertama 2019.

Dalam line-up global, X-Class hanyalah produk kecil yang berkontribusi di kawasan Australia dan Afrika Selatan. Hingga saat ini, varian yang dijual hanya X350d sementara varian x250d dan x220d sudah hilang dari situs Mercedes-Benz Jerman.

Berita Terkait

Berita Terkait