POPULAR STORIES

Tidak Perlu Ke Bengkel, Ini Cara Pasang Throttle Control Di Rumah

Tidak Perlu Ke Bengkel, Ini Cara Pasang Throttle Control di Rumah Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Throttle control adalah alat untuk memanipulasi bukaan throttle mobil. Alat tersebut juga jadi pilihan tepat bagi pemilik mobil yang tidak mau otak-atik sektor mesin ataupun ECU, namun tetap mobil bisa terasa lebih responsif atau malah diatur lebih irit.

Untuk pemasangan throttle control di mobil, Sobat KabarOto tidak perlu ke bengkel. Karena pemasangannya tidak sampai 15 menit kok. Berikut langkah memasang throttle control di mobil kalian.

Lepaskan soket pedal yang dilingkari merah.

Pertama pastikan mobil dalam keadaan mati, untuk mobil transmisi manual pastikan posisi gigi berada di N atau netral. Sementara mobil otomatis posisi di P atau Parking. Serta jauhkan remot keyless mobil agar tidak terbaca on di mobil.

Baca Juga : Throttle Control, Solusi Tarikan Mobil Standar Jadi Ringan

Setelah semua dipastikan dalam kondisi mati, kalian bisa lihat ke bagian pedal gas. Terdapat soket sensor, lepaskan soket tersebut secara hati-hati, untuk pertama kali pasti akan terasa keras, karena soket tidak pernah terbuka sebelumnya.

Pasang socket to socket throttle control ke soket pedal mobil. Pastikan pemasangannya benar baik soket male dan female-nya.

Setelah terlepas, pastikan soket mana yang male dan female. Sambungkan dengan soket throttle control kalian. Karena perinsipnya, kerja throttle control ini akan memanipulasi sensor bukaan pedal. Sehingga sebelum pedal mengirim perintah ke ECU, throttle control bakal memberi perintah sesuai pengaturan mau gas diperbesar atau diperkecil.

Baca Juga : Ini Kelebihan EVC Throttle Control, Pilihan Mode Berkendara Lengkap

Pasang remot throttle control di tempat mudah terjangkau pengemudi dan tidak menghalangi pandangan.

Setelah soket throttle control terpasang sempurna di pedal. Sobat KabarOto bisa pasang soket di remot pengatur. Remot ini sendiri bisa ditempatkan di mana saja, sesuai keinginan pemilik. Sedikit tips, pastikan remot terpasang pada posisi yang mudah dijangkau ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Untuk diketahui juga, alat throttle control ini bersifat universal. Yang membedakan hanya dari soket setiap merek mobil. Pastikan ketika membeli alat throttle control harus sesuai mobil Sobat KabarOto ya. Perlu diingat juga nih, pemasangan alat throttle control ini khusus untuk mobil dengan sensor pedal gas. Kalau mobil kalian masih memakai kabel gas, tidak bisa memasang alat ini.

Sementara, pemasangan alat ini juga tidak merubah settingan ECU. Apabila nantinya mobil ingin dijual, tinggal cabut soket throttle control, dan sambungkan kembali soket standar mobil, maka pedal gas kembali ke setingan pabrikan.